analisis pengaruh kualitas layanan dan atribut produk perbankan syariah terhadap kepuasan nasabah pada bank bri syariah kantor cabang pembantu ponorogo

Suryani, Suryani (2019) analisis pengaruh kualitas layanan dan atribut produk perbankan syariah terhadap kepuasan nasabah pada bank bri syariah kantor cabang pembantu ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SURYANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Suryani, 2019. “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Atribut Produk Perbankan Syariah Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Ponorogo” Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Unun Roudlotul Janah, M.Ag.

Kata Kunci: Konsep Kepuasan Pelanggan, Pelayanan Prima, Basis Kebijakan Ekonomi Islam

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kondisi perbankan syariah yang masih berkembang dibandingkan dengan perbankan konvensional. Namun bisa dilihat dari berbagai potensi industri ini masih akan terus bisa berkembang pesat. Setiap perusahaan bersaing untuk dapat merebut pasar perbankan syariah dengan cara memuaskan nasabah. Begitu juga BRI syariah akan lebih fokus memenuhi kebutuhan nasabah agar dapat memuaskan nasabah. Pelayanan yang diberikan BRI syariah masih rendah dan ruang tunggu yang sempit sehingga mengganggu kenyamanan dalam pelayanan, sedangkan nilai-nilai keislaman yang murni syariahnya masih kurang dalam atribut produk perbankan syariah. Rumusan masalah dari skripsi ini adalah: 1) apakah kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah BRI syariah KCP Ponorogo 2) apakah atribut produk perbankan syariah berpengaruh terhadap kepuasan nasabah BRI syariah KCP Ponorogo 3) apakah kualitas layanan dan atribut produk perbankan syariah secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan nasabah BRI syariah KCP Ponorogo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif dengan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner kepada nasabah yang memiliki tabungan di BRI syariah KCP Ponorogo. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden, data yang diambil kemudian diolah dengan alat bantu software spss version 21.0 dan analisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Analisis ini meliputi uji validitas dan reliabilitas, analisis korelasi, uji hipotesis melalui uji asumsi klasik, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) berdasarkan uji t kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada bank BRI Syariah KCP Ponorogo. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi kualitas layanan yang diberikan maka semakin meningkatkan kepuasan nasabah pada bank BRI syariah KCP Ponorogo. 2) berdasarkan uji t atribut produk perbankan syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada bank BRI syariah KCP Ponorogo. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi derajat atribut produk perbankan syariah maka semakin tinggi kepuasan nasabah pada bank BRI syariah KCP Ponorogo. 3) berdasarkan uji F kualitas layanan dan atribut produk perbankan syariah secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada bank BRI syariah KCP Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlatul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Aug 2019 06:22
Last Modified: 15 Aug 2019 06:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7162

Actions (login required)

View Item View Item