pengaruh peran kepala sekolah sebagai motivator terhadap kinerja guru di sma negeri 3 ponorogo

Nasruri, Nasruri (2019) pengaruh peran kepala sekolah sebagai motivator terhadap kinerja guru di sma negeri 3 ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi perpus.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nasruri. Pengaruh Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 3 Ponorogo.Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institute Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr.Mukhibat, M.Ag.

Kata Kunci: peran kepala sekolah sebagai motivator, kinerja guru

Pemimpin pendidikan menjadi unsur yang sangat urgen bagi berlangsungnya dinamisasi pendidikan. Sebagai pemimpin sekolah, kepala sekolah harus sadar bahwa keberhasilannya bergantung pada orang-orang lain, seperti guru dan tenaga kependidikan. Oleh karena itu, karakteristik pribadi kepala sekolah memainkan peran penting dan merupakan bagian dalam keberhasilan atau kegagalannya. Salah satu peran penting kepala sekolah yaitu sebagai motivator yang akan berpengaruh terhadap kinerja guru. Guru merupakan ujung tombak dari keberhasilan lembaga pendidikan dan pada proses pendidikan merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran kepala sekolah sebagai motivator di SMAN 3 Ponorogo, (2) Mengetahui kinerja guru di SMAN 3 Ponorogo, dan (3) mengetahui seberapa pengaruh peran kepala sekolah sebagai motivator terhadap kinerja guru di SMAN 3 Ponorogo.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dan sekaligus dijadikan senpel dalam penelitian ini adalah guru SMA Negeri 3 Ponorogo yang berjumlah 70 orang. Istrumen pengumpulan data berupa kuesioner dengan skala likert yang memiliki empat alternative jawaban, terdiri 39 pernyataan.
Berdasarkan analisis data ditemukan (1) Tingkat peran kepala sekolah sebagai motivator di SMA Negeri 3 Ponorogo tergolong sedang. Hal ini dibuktikan yang bahwa guru yang memperoleh peran kepala sekolah sebagai motivator sebanyak 51 dengan presentase 72,85% dari 70 responden, (2) Tingkat kinerja guru di SMA Negeri 3 Ponorog tergolong sedang. Hal ini dibuktikan yang menyatakan tingkat kinerja guru memiliki frekuensi sebanyak 50 responden dengan presentasi 71,42% dari 70 responden, dan (3) Terdapat pengaruh peran kepala sekolah sebagai motivator terhadap kinerja guru di SMA Negeri 3 Ponorogo. Peran kepala sekolah sebagai motivator berpengaruh sebesar 11,1% terhadap kinerja guru dan 88,9% di pengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak masuk dalam model.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:09
Last Modified: 14 Aug 2019 07:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7140

Actions (login required)

View Item View Item