pengembangan kurikulum keagamaan dalam menghadapi era globalisasi (studi kasus di pondok modern arrisalah gundik slahung ponorogo)

Supratmanto, Andri (2019) pengembangan kurikulum keagamaan dalam menghadapi era globalisasi (studi kasus di pondok modern arrisalah gundik slahung ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ANDREEE.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Supratmanto, Andri. 2019. Pengembangan Kurikulum Keagamaan Dalam Menghadapi Era Globalisasi (Studi Kasus di Pondok Modern Arrisalah Gundik Slahung Ponorogo). Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd.I.
Kata Kunci : Pengembangan Kurikulum, Era Globalisasi.
Pesantren adalah suatu lembaga pendidikan Islam Indonesia yang bersifat tradisional untuk mendalami ilmu agama Islam dan mengamalkan sebagai pedoman hidup keseharian. Namun demikan, pesantren akan menghadapi era globalisasi dan ancaman kuatnya benturan peradaban, maka tak mungkin pesantren masih bertahan dengan pola pembelajaran lama. Maka karena itulah Pondok Modern Arrisalah Gundik Slahung Ponorogo mengadakan pengembangan kurikulum pesantren untuk menghadapi era globalisasi disaat ini.
Berdasarkan uraian di atas, peneliti bermaksud mengadakan penelitian dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana proses penyusunan kurikulum keagamaan di Pondok Modern Arrisalah?, 2) Bagaimana proses implementasi kurikulum keagamaan di Pondok Modern Arrisalah, dan 3) Bagaimana proses evalusai kurikulum keagamaan di Pondok Modern Arrisalah?.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan munggunakan pendekatan kualitatif, dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penyusunan kurikulum di Pondok Modern Arrisalah Gundik Slahung Ponorogo bahwa kurikulum keagamaan tersebut disusun oleh tim khusus yang berkompetensi dan dipilih langsung oleh pimpinan Pondok Modern Arrisalah Gundik Slahung Ponorogo. 2) Implementasi kurikulum di Pondok Modern Arrisalah Gundik Slahung Ponorogo bahwa pelaksanaan kurikulum keagamaan bertujuan mencetak santri yang memiliki karakter building dan linguistic, dan dari hasil implementasi kurikulum pesantren santri mendapatkan pola pembinaan berbentuk “kulliyah’ setingkat dengan universitas di luar negeri, maka setelah tamat santri dapat melanjutkan studi di berbagai perguruan tinggi di dalam negeri maupun di luar negeri. Atau kembali ke masyarakat dengan berbagai profesi, seperti ‘ulama atau kiai, dosen, politikus, pengusaha, pegawai dan lain sebagainya. 3) Evaluasi kurikulum di Pondok Modern Arrisalah Gundik Slahung Ponorogo sangat penting. Dalam proses evaluasi yang terlibat adalah seluruh keluarga pondok yaitu guru, santri dan tim penyusun kurikulum. Dan feedback dari evaluasi tersebut adalah guru mudah menyampaikan materi dan santri dapat menerima materi dengan baik. Dan dari tindak lanjut evaluasi tersebut guru mengenali seberapa jauh kesesuaian materi dengan tingkat kelas para santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Aug 2019 05:40
Last Modified: 14 Aug 2019 05:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7137

Actions (login required)

View Item View Item