kompetensi kepribadian guru akidah akhlak di ma miftahussalam kambeng slahung ponorogo

Cahyono, Priyo (2019) kompetensi kepribadian guru akidah akhlak di ma miftahussalam kambeng slahung ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
UPLOAD SKRIPSI.pdf

Download (813kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Priyo Dwi Cahyono, Munandar. 2019. Kompetensi Kepribadian Guru Akidah Akhlak Di MA Miftahussalam Kambeng Slahung Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Kharisul Wathoni, M.Pd.I.
Kata kunci : Akidah Akhlak, Kompetensi Kepribadian Guru, Implikasi.

MA Miftahussalam Kambeng merupakan suatu lembaga yang bergerak di bidang pendidikan. Dalam menjalankan Kompetensi Kepribadian Guru Akidah Akhlak , maka guru dituntut untuk menjadi guru yang profeional. Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal. Di beberapa sekolah guru Akidah Akhlak masih kurang disiplin dalam bertugas, belom melaksanakan dengan baik, dan masih ada yang meninggalkan kelas ketika jam belajar berlangsung.

Berawal dari penjelasan di atas, rumusan masalahnya adalah sebagai berikut:
(1) Profil kompetensi kepribadian Guru Akidah Akhlak di MA Miftahussalam Kambeng ? (2) Implikasi Kompetensi Kepribadian Guru Akidah Akhlak terhadap Kepribadian peserta didik di MA Miftahussalam Kambeng ? (3) Implikasi kompetensi kepribadian guru Akidah Akhlak terhadap proses pembelajaran di MA Miftahussalam Kambeng ?. Dimana dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru akidah akhlak dalam mengembangkan materi pembelajaran akidah akhlak di MA Miftahussalam Kambeng Slahung Ponorogo dan faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi kepribadian guru dalam mengembangkan pembelajaran akidah akhlak.

Untuk menjawab permasalahan diatas, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data dengan model Miles dan Huberman yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi Kepribadian pada dasarnya merupakan suatu hal yang harus dimiliki oleh seorang Guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pelaksana kegiatan belajar mengajar di kelas. Diantaranya mempunyai karakter rendah hati, pemaaf, jujur, ikhlas, empati, sabar. (2) Dalam proses pembelajaran, mampu memberikan hasil yang dapat dirasakan oleh siswanya. diantaranya mempunyai wibawa dalam mengajar dan mempunyai rasa tanggung jawab yang penuh untuk menjadikan anak yang mempunyai akhlakul karimah. (3) Proses pembelajaran siswa pun berpartisipasi secara aktif dan merasa tidak cepat bosan. Dan semua itu berdampak pada murid yang lebih sering aktif bertanya materi di dalam kelas, dan saling menghormati satu sama lain tidak semena- sema dalam berprilaku kepada siapaun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:20
Last Modified: 14 Aug 2019 07:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7136

Actions (login required)

View Item View Item