peran guru dalam meningkatkan keterampilan bersosialisasi bagi siswa berkebutuhan khususdi sekolah autis dan abk pesantren anaksholeh baitul qur’an gontortahun pelajaran 2018/2019

Alima, Siti Misrokhah (2019) peran guru dalam meningkatkan keterampilan bersosialisasi bagi siswa berkebutuhan khususdi sekolah autis dan abk pesantren anaksholeh baitul qur’an gontortahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Alima, Siti Misrokhah. 2019. Peran Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Bersosialisasi bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Autis dan ABK Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor Tahun Pelajaran 2018/2019, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Kurnia Hidayati, M.Pd.

Kata kunci: Guru, Keterampilan Bersosialisasi, ABK.

Pendidikan merupakan suatu proses sosial yang tidak dapat terjadi tanpa interaksi antar pribadi. Belajar merupakan proses pribadi dan juga proses sosial ketika anak berhubungan dengan anak lainnya dalam membangun pengertian dan pengetahuan bersama. Secara umum, anak-anak yang mengalami gangguan mental seperti anak autis, down syndrome, tuna rungu, dan sebagainya memiliki kemampuan interaksi sosial dan komunikasi yang rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)Kemampuan bersosialisasi siswa ABK di Sekolah Autis dan ABK Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor, 2) Upaya apa yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan bersosialisasi siswa ABK di Sekolah Autis dan ABK Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor, dan 3) Faktor penunjang dan faktor penghambat dalam meningkatkan kemampuan bersosialisasi siswa ABK di Sekolah Autis dan ABK Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor.
Jenis penelitian dalam skripsi ini berupa studi kasus dan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan pada tekhnik pengumpulan data, peneliti menggunakan tekhnik wawancara, observasi serta dokumentasi. Kemudian tekhnikanalisis data menggunakan konsep Miles dan Hubermen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan bersosialisasi siswa ABK di Sekolah Autis dan ABK Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor cukup baik berkat dukungan dan terapis dari guru. Anak sudah bisa diajak komunikasi dua arah, bisa merespon pesan, saling menolong temannya, dan dapat bekerjasama. 2) upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan bersosialisasi siswa ABK diantaranya yaitu melaui pendekatan dan pembinaan.Guru juga memberikan beberapa terapi untuk membantu anak ketika ada permasalahan.3) Faktor penunjang dan faktor penghambat untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi siswa berkebutuhan khusus harus memiliki kemampuan atau kredibilitas yang tinggi dalam mengelola dan menyampaikan pesan, menggunakan alat peraga yang sering dilihat oleh siswa, memahami karakter anak setiap hari, memahami atau mengetahui emosi si anak setiap hari, sikap sabar, telaten dan memberikan rasa aman bagi mereka. Sedangkan kendala atau faktor penghambat untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi siswa ABK yang dialami oleh guru pendamping ABK adalah kontak mata mereka sering tidak fokus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Aug 2019 05:19
Last Modified: 14 Aug 2019 05:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7132

Actions (login required)

View Item View Item