upaya meningkatkan kemampuan operasi hitung bilangan campuran melalui metode demonstrasi dan media realia pada mata pelajaran matematika siswa kelas iii sdn sangen 01 tahun pelajaran 2018-2019.

Sari, Dewi Nur Kumala (2019) upaya meningkatkan kemampuan operasi hitung bilangan campuran melalui metode demonstrasi dan media realia pada mata pelajaran matematika siswa kelas iii sdn sangen 01 tahun pelajaran 2018-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
DEWI NUR KUMALA SARI 210615016.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Dewi Nur Kumala Sari. 2019. " Upaya meningkatkan kemampuan operasi hitung bilangan campuran melalui metode demonstrasi dan media realia pada mata pelajaran matematika siswa kelas 3 SDN Sangen 01 Tahun Pelajaran 2018-2019”.Skripsi, Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Ponorogo. Pembimbing Sofwan Hadi, M.Pd
Kata kunci : Metode Pembelajaran Demonstrasi, Media Pembelajaran Realia Kemampuan Memecahkan Soal, Hasil Belajar, Matematika, Materi Operasi Hitung Bilangan Campuran
Latar Belakang masalah penelitian ini adalah hasil pembelajaran matematika di kelas III SDN Sangen 01 Kecamatan Geger Kabupaten Madiun masih rendah. Berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran matematika tentang operasi hitung bilangan campuran kurang berhasil. Dari informasi yang peneliti dapatkan ada sebagian siswa yang memiliki nilai dibawah KKM. Rendahnya penguasaan materi operasi hitung bilangan pecahan dalam pembelajaran dikarenakan kurang tepatnya media dan metode yang digunakan, sehingga pada penelitian ini peneliti mencoba merubah metode dan media, salah satunya menggunakan pembelajaran dengan metode demonstrasi dan media realia.

Metode demonstrasi merupakan penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan kepada peserta didik. Sedangkan Media realia adalah salah satu jenis medium yang digunakan sebagai alat penyampaian informasi yang berupa benda atau obyek yang sebenarnya atau asli.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan Kemampuan memecahkan soal siswa dalam pelajaran matematika dengan menggunakan metode demonstrasi dan media realia siswa kelas III SDN Sangen 01. (2) Peningkatan hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika dengan menggunakan metode demonstrasi dan media realia siswa kelas III SDN Sangen 01. (3) Dapat meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal dan hasil belajar siswa paa materi operasi hitung campuran mata pelajaran matematika dikelas 3 SDN Sangen 01 Tahun Pelajaran 2018/2019.

Berdasarkan analisis siklus I kemampuan memecahkan soal siswa mencapai 80 %, pada siklus II 90 % dan meningkat 100 % pada siklus III. Selain itu hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 60 % pada siklus I, pada siklus II meningkat 70 %, meningkat pesat menjadi 100 % pada siklus III. Dari hasil penelitian tersebut dapat di simpulkan bahwa pembelajaran matematika operasi hitung bilangan pecahan dapat meningkatkan kemampuan memecahkan soal dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Aug 2019 00:40
Last Modified: 14 Aug 2019 00:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7117

Actions (login required)

View Item View Item