Asova, Reni Novia (2019) peran guru dalam mengatasi kesulitan menulis siswa kelas rendah di sdn 3 jurug, sooko, ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
210615170 RENI NOVIA ASOVA-dikonversi.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Asova, Reni Novia. Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Menulis Siswa Kelas Rendah di SDN 3 Jurug, Sooko, Ponorogo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing. Yuentie Sova Puspidalia, M.Pd.
Kata Kunci: Peran Guru, Kesulitan Menulis
Proses kegiatan belajar mengajar akan berjalan sesuai dengan tujuan pendidikan. Salah satunya karena adanya guru. Status guru mempunyai implikasi terhadap peran dan fungsi yang menjadi tanggung jawabnya. Guru memiliki satu kesatuan peran dan fungsi yang tidak dapat dipisahkan, antara kemampuan mendidik, membimbing, mengajar, dan melatih. Keempat kemampuan tersebut merupakan kemampuan integratif antara yang satu dan yang lain tidak dapat dipisahkan. Hal ini, sesuai dengan penerapan peran guru di SDN 3 Jurug, Sooko, Ponorogo yang dilakukan untuk mengatasi siswa yang mengalai kesulitan menulis di kelas rendah. Setelah guru melaksanakan perannya secara maksimal, kemampuan siswa yang mengalami kesulitan menulis mengalami peningkatan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing dalam mengatasi kesulitan menulis siswa kelas rendah di SDN 3 Jurug, Sooko, Ponorogo, (2) mendeskripsikan peran guru sebagai pelatih dalam mengatasi kesulitan menulis siswa kelas rendah di SDN 3 Jurug, Sooko, Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan, yaitu studi kasus. Adapun teknik yang peneliti gunakan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, kemudian kesimpulan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa peran guru dalam mengatasi kesulitan menulis siswa kelas rendah di SDN 3 Jurug, Sooko, Ponorogo, yaitu peran guru sebagai pembimbing dan pelatih. Penerapan peran guru sebagai pembimbing yang dilakukan oleh guru kelas I, yakni dengan memberikan pelayanan secara sabar. Selain itu, guru memberikan dorongan berupa semangat dan saran agar siswa mempunyai semangat untuk belajar menulis lebih giat. Guru kelas II memberikan bimbingan dengan cara memberikan pelayanan khusus terhadap siswa yang mengalami kesulitan menulis dengan cara membimbing siswa belajar menulis huruf abdjad mulai dari A-Z. Guru kelas III memberikan arahan kepada siswa untuk lebih teliti dalam melengkapi huruf ketika menulis sebuah kelimat.
Pelatihan yang diberikan guru kelas I, yaitu dengan cara memberikan tugas kepada siswa untuk menyalin tulisan yang ada di papan tulis. Selain itu, guru mendekte kata sederhana misalnya “buku” untuk disalin siswa di buku tulis. Guru kelas II, memberikan pelatihan kepada siswa yang mengalami kesulitan menulis huruf abdjad dengan cara, melatih siswa untuk menulis bentuk huruf abdjad A-Z di buku tulis. Guru kelas III melatih siswa dengan cara memberikan latihan menulis dalam melengkapi kalimat yang menggunakan huruf doble misalnya, kata “mengganggu” untuk disalin kedalam buku tulis dengan cara mendekte. Dalam menambah keterampilan guru selalu mengikuti kegiatan di luar sekolah seperti seminar dan pelatihan guru. Hal ini, dilakukan untuk meningkatkan kualifikasi guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Yuentie Sova Puspidalia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 13 Aug 2019 06:17 |
Last Modified: | 13 Aug 2019 06:21 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7107 |
Actions (login required)
View Item |