Susanti, Susi Susanti (2019) peran lingkungan sekolah dalam meningkatkan perilaku belajar(studi kasus mi ma'arif mayak tonatan ponoro). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
210615149 SUSI SUSANTI.pdf Download (959kB) | Preview |
Abstract
Susanti, Susi. 2019. Peran Lingkungan Sekolah Dalam Meningkatkan Perilaku Belajar (Studi Kasus Siswa Kelas IV MI Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Hanin Niswatul Fauziah, M.Si.
Kata Kunci: Lingkungan sekolah, Perilaku belajar, Peran, Siswa
Lingkungan sekolah merupakan lingkungan tempat terjadinya proses pendidikan dan pembelajaran yang mempengaruhi tingkah laku warga sekolah terutama guru dan peserta didik sebagai ujung tombak proses pembelajaran di sekolah. Salah satu tingkah laku warga sekolah tercermin dalam perilaku belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui profil ingkungan sekolah MI Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo, mengetahui perilaku belajar siswa MI Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo, dan mengetahui peran lingkungan sekolah dalam meningkatkan perilaku belajar siswa kelas 4 MI Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo. Data diambil dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik interaktif yaitu, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: MI Ma’arif Mayak tonatan Ponorogo belum memiliki profil lingkungan sekolah yang memadai karena banyak kriteria yang belum terdapat di lembaga tersebut, siswa kelas 4 MI Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo memiliki perilaku belajar yang kurang baik, hal ini karena lingkungan sekolahnya kurang memadai, lingkungan sekolah ini memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan perilaku belajar siswa. Perilaku belajar siswa yang baik akan tercipta jika lingkungan sekolahnya baik dan mendukung. Namun di MI Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo banyak sarana prasarana yang belum memadai sehingga mengakibatkan proses pembelajaran kurang maksimal dan mengakibatkan perilaku belajar yang kurang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Hanin Niswatul Fauziah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 13 Aug 2019 06:18 |
Last Modified: | 13 Aug 2019 06:18 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7106 |
Actions (login required)
View Item |