desain pengembangan inovasi pendidikan dalam peningkatan daya saing sekolah (studi kasus di smk negeri 1 jenangan ponorogo)

Tyas, Septy Prasetyaning (2018) desain pengembangan inovasi pendidikan dalam peningkatan daya saing sekolah (studi kasus di smk negeri 1 jenangan ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ISI-212216042 upload.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tyas, Septy Prasetyaning. 2018, Desain Pengembangan Inovasi Pendidikan dalam Peningkatan Daya Saing Sekolah: Studi Kasus di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dr. H. Muhammad Thoyib, M.Pd.

Kata Kunci: Desain Inovasi Pendidikan, Inisiasi, Implementasi, Kontinuasi

Permendiknas Nomor 13 tahun 2007 mewajibkan kepala sekolah untuk selalu melakukan inovasi yang berguna demi perkembangan lembaga pendidikan yang dipimpinnya. Berdasarkan pada laporan World Economic Forum tahun 2015, inovasi pendidikan Indonesia menempati peringkat 30 dunia sedangkan inovasi pendidikan tinggi berada pada peringkat 60 dunia. Hal ini secara tidak langsung akan mempengaruhi daya saing sebuah Negara. Melihat kondisi di atas, terdapat lembaga pendidikan yang selalu aktif dalam melaksanakan inovasi, yaitu SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Diantara inovasi yang telah dilaksanakan adalah inovasi dalam sistem pembelajaran dengan sistem blok, inovasi produk dari hasil praktek siswa, kemitraan yang dijalin secara internasional, dan transformasi lembaga menjadi setingkat perguruan tinggi. Berdasarkan hal tersebut diharapkan inovasi yang ada di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo dapat dijadikan sebagai problem solver atas permasalahan yang terjadi.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan proses inisiasi inovasi pendidikan dalam peningkatan daya saing sekolah di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo; (2) menerangkan proses implementasi inovasi pendidikan dalam peningkatan daya saing sekolah di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo; (3) menguraikan proses kontinuasi inovasi pendidikan dalam peningkatan daya saing sekolah di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah (1) proses inisiasi inovasi pendidikan di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo melalui 3 tahap. (a) Tahap berpikir kreatif yang mencakup kegiatan menggali ide-ide kreatif, merefleksikan ide kreatif, dan mengevaluai ide kreatif. (b) Tahap menawarkan rancangan inovasi kepada kepala sekolah yang mencakup kegiatan menuangkan ide kreatif menjadi rancangan inovasi, menawarkan rancangan inovasi kepada kepala sekolah. (c) Tahap pengambilan keputusan inovasi yang mencakup kegiatan menerima rancangan inovasi, meninjau sisi manfaat dan potensialitas inovasi, serta sikap menyetujui/menolak rancangan inovasi. (2) Proses implementasi inovasi pendidikan terdiri 2 tahap. (a) Langkah awal implementasi inovasi yang mencakup kegiatan penetapan tim pelaksana inovasi yang berbasis kompetensi, penyusunan instrumen pendukung inovasi, dan pengaturan sumber daya manusia. (b) Tahap lanjutan implementasi inovasi yang mencakup melaksanakan inovasi di bawah pengawasan dan evaluasi. (3) Proses kontinuasi inovasi pendidikan adalah selalu berobsesi dan mengevaluasi inovasi yang telah dilakukan untuk mencapai perbaikan dan kesempurnaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Aug 2019 07:43
Last Modified: 12 Aug 2019 07:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7083

Actions (login required)

View Item View Item