pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan terhadap loyalitas nasabah pada bank muamalat kantor cabang pembantu ponorogo

Riananda, Adhe Lina (2019) pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan terhadap loyalitas nasabah pada bank muamalat kantor cabang pembantu ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK MUAMALAT KANTOR CABANG PEMBANTU PONOROGO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Riananda, Adhe Lina. 2019 : ”Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah”. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing: Yulia Anggraini, S.A.B., M.M.
Kata kunci : Bentuk Fisik, Kesesuaian Harapan dan Pembelian Ulang.
Kunci keunggulan bersaing secara sehat dalam situasi pasar yang penuh persaingan adalah kemampuan perusahaan meningkatkan loyalitas nasabah. Berdasarkan setiap tahun nasabah yang aktif mengalami fluktuatif. Dari tahun 2016 mengalami peningkatan sebanyak 5.770, pada tahun 2017 mengalami peningkatan sebanyak 6.551, pada tahun 2018 mengalami penurunan sebanyak 5.089. Penurunan yang signifikan terjadi pada tahun 2018 nasabah yang menabung sebesar 1.468 nasabah dari total nasabah sebelumnya. Kejadian ini sangat jelas nasabah yang tidak aktif dan keluar setiap tahunnya mengalami peningkatan dan penurunan. Menyikapi hal tersebut berarti menunjukkan bahwa loyalitas nasabah berkurang. Disamping itu, terdapat beberapa kendala diantaranya yakni sosialiasi. Selain sosialisasi, yang kedua yakni terdapat keluhan seorang nasabah, beliau memutuskan keluar dikarenakan pelayanannya yang lama atau lelet jika dibandingkan dengan BRI Syariah. Berarti itu menunjukkan bahwa kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah Bank Muamalat KCP Ponorogo belum terpenuhi.
Dari latar belakang tersebut dapat ditarik rumusan masalah: 1) Apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di Bank Muamalat KCP Ponorogo? 2) Apakah kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di Bank Muamalat KCP Ponorogo? 3) Apakah kualitas pelayanan dan kepuasan secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di Bank Muamalat KCP Ponorogo?
Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 nasabah. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Accidental Sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas, dengan nilai thitung sebesar 2,221 > ttabel 1,660. Sama dengan variabel kepuasan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap loyalitas nasabah diperoleh nilai t hitung > t tabel (6,941 > 1,660) dengan signifikan 0,000 < 0,05. Begitu pula secara simultan variabel independent berpengaruh terhadap variabel dependen dengan nilai Fhitung sebesar 49,377 > Ftabel 3,09.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yulia Anggraini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Aug 2019 04:22
Last Modified: 12 Aug 2019 04:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7069

Actions (login required)

View Item View Item