implemetasi metode sosiodrama untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di kelas x bdp 2 (studi kasus di smkn 1 ponorogo)tahun ajaran 2018/2019

Khasanah, Siti (2019) implemetasi metode sosiodrama untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di kelas x bdp 2 (studi kasus di smkn 1 ponorogo)tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi a4-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Khasanah, Siti. 2019. Implementasi Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas X BDP 2 SMK Negeri 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Ahmad Nu’man Hakiem, M.Ag.
Kata Kunci: Metode Sosiodrama, Minat Belajar, Hasil Belajar
Pendidikan merupakan sebuah proses yang dinamis dan berkelanjutan sebagai pemenuhan kebutuhan siswa dan guru.Kualitas pendidikan yang diberikan oleh guru kepada siswa sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Karena itulah, minat belajar harus ditumbuhakan pada setiap mata pelajaran. Termasuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) yang mana merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting untuk dipahami siswa.Namun, di SMKN 1 Ponorogo, peneliti menemukan masalah yaitu ketika dalam proses pembelajaran PAIBP siswa terlihat kurang semangat dalam belajar, mengantuk, tidak memperhatikan secara penuh, serta kurang konsentrasi. Karena itulah perlu upaya untuk meningkatkan minat siswa dengan menggunakan metodesosiodrama.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Model Spiral dari Kemmis dan Taggertyang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelas X BDP 2 SMKN 1 Ponorogo yang berjumlah32siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi: (a) analisis Kualitatif yang menonjolkan hal-hal pokok berkaitan dengan masalah penelitian, (b) analisis Kuantitatif yang menghitung minat dan hasil belajar siswa yaitu memberikan, menjumlahkan, mempresentasekan skor pada setiap aspek-aspek yang diamati melalui observasi atau pengamatan langsung.
Pelaksanaan metode sosiodrama dilakukan dengan cara sebagai berikut, (1) siklus I, pertemuan pertama diawali dengan menjelaskan materi pembelajaran dan pelaksanaan metode sosio drama, mebentuk kelompok sosio drama, membuat teks drama dan penilaian. Pada pertemuan kedua, dilakukan pementasan drama.Pada siklus ini terbentuk 5 kelompok dengan durasi tampil masing-masing 10 menit serta evaluasi hasil belajar.(2) siklus II, Pertemuan pertama yaitu menjelaskan materi pembelajaran, mebentuk kelompok sosio drama, membuat teks drama dan penilaian. Pada pertemuan kedua, dilakukan pementasan drama.Pada siklus ini terbentuk 6 kelompok dengan durasi tampil masing-masing 10 menit serta evaluasi hasil belajar.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan metode sosiodrama secara maksimal dalam pembelajaran mampu meningkatkan minat belajar masing-masing peserta didik sehingga hasil belajar juga meningkat. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada siklus I sebanyak 22 siswa atau 68,75% yang mencapai tuntas, kemudian di siklus II siswa yang tuntas dalam belajar berjumlah 32 siswa atau 100 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu'man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Aug 2019 00:52
Last Modified: 12 Aug 2019 00:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7060

Actions (login required)

View Item View Item