pengelolaan program adiwiyata dalam meningkatkan citra sekolah (studi kasus sman 3 ponorogo)

Aziz, Imam Abdul (2019) pengelolaan program adiwiyata dalam meningkatkan citra sekolah (studi kasus sman 3 ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Imam Abdul Aziz.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Aziz, Imam Abdul. 2019. Pengelolaan Program Adiwiyata dalam Meningkatkan Citra Sekolah (Studi Kasus di SMAN 3 Ponorogo). Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruaan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Miftahul Ulum, M.Ag.
Kata Kunci: Pengelolaan, Program adiwiyata, Citra sekolah
Sekolah dipandang sebagai suatu lembaga yang dapat memperbaiki kehidupan masyarakat dan mengetahui kebutuhan masyarakat. Untuk mewujudkan hal tersebut, lembaga pendidikan harus menampilkan kesan yang baik (citra positif) dimata publiknya. Citra sebuah sekolah merupakan salah satu harta yang bernilai tinggi bagi lembaga . Karena citra merupakan cara pandang atau persepsi masyarakat terhadap lembaga tersebut. Baik buruknya citra suatu sekolah tersebut ditentukan oleh sekolah itu sendiri.Program adiwiyata adalah salah satu cara untuk meningkatkan citra sekolah. Penyelenggaraan program adiwiyata merupakan pilihan dan upaya strategis dalam menyukseskan program pembangunam nasional berkelanjutkan. Tahun 2015 SMAN 3 Ponorogo menerima penghargaan Adiwiyata tingkat nasional yang diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup RI dan Menteri Pendidikan. Warga sekolah di SMAN 3 Ponorogo juga memiliki kepedulian terhadap lingkungan yang tinggi. Ini dibuktikan dengan komitmen bersama oleh seluruh warga sekolah dalam menjaga lingkungan sekolah tetap bersih dan terawat.
Berdasarkan uraian diatas, peneliti bermaksud mengadakan penelitian dengan tujuan: (1) Mengetahui perencanaan program adiwiyata dalam meningkatkan citra sekolah di SMAN 3 Ponorogo, (2) Mengetahui pelaksanaan program adiwiyata dalam meningkatkan citra sekolah di SMAN 3 Ponorogo, (3) Mengetahui evaluasi program adiwiyata dalam meningkatkan citra sekolah di SMAN 3 Ponorogo.
Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metoe wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpuan datanya. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) perencanaan program adiwiyata di SMAN 3 Ponorogo membentuk tim adiwiyata sekolah, kajian lingkungan, rencana aksi program adiwiyata di SMAN 3 Ponorogo yang mencakup berbagai sektor. (2) Pelaksanaan program adiwiyata di SMAN 3 Ponorogo dilakukan secara bertahap. dalam pelaksanaan proram adiwiyata di SMAN 3 Ponorogo sekolah juga menggandeng berbagai pihak dan membuat MoU untuk memaksimalkan program adiwiyata di SMAN 3 Ponorogo. (3) Evaluasi program adiwiyata dilaksanakan dalam rangka memperbaiki dan melihat hasil pelaksanaan program adiwiyata di SMAN 3 Ponorogo serta untuk mengembangkan program adiwiyata selanjutnya. Sekolah adiwiyata memiliki nilai tersendiri dan mampu meningkatkan citra suatu sekolah. Program adiwiyata di SMAN 3 Ponorogo mampu menjadikan SMAN 3 Ponorogo sebagai sekolah berwawasan lingkungan yang sangat cocok untuk menanamkan pola hidup sehat dan peduli lingkungan pada seluruh warga sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Aug 2019 01:02
Last Modified: 12 Aug 2019 01:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7051

Actions (login required)

View Item View Item