upaya meningkatkan pemahaman siswa melalui pendekatan contextual teaching and learning pada mata pelajaran ipa (penelitian tindakan kelas iv di min 1 ponorogo)

Arumningtyas, Asa Setyaputri (2019) upaya meningkatkan pemahaman siswa melalui pendekatan contextual teaching and learning pada mata pelajaran ipa (penelitian tindakan kelas iv di min 1 ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.ASA-perpus-[1].pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Arumningtyas, Asa Setyaputri. 2019. Upaya Meningkatan Pemahaman Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran IPA (Penelitian Tindakan Kelas IV MIN 1 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Hanin Niswatul Fauziah, M.Si.
Kata kunci: IPA, Pemahaman, Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Siswa
Selama ini proses pembelajaran pada mata pelajaran IPA di kelas IV Zaid bin Tsabit MIN 1 Ponorogo dilakukan dengan pendekatan yang masih berpusat pada guru dengan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya pemahaman siswa terhadap meteri pelajaran yang telah dipelajari, terbukti saat siswa diberi tes hanya 37,04% siswa yang mencapai nilai tuntas KKM. Oleh karena itu diperlukan perubahan pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa yaitu dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk meningkat pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV Zaid Bin Tsabit MIN 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan tiap pertemuan terdiri dari 2 sampai 3 jam pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan pemahaman siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapian tes pemahaman pada siklus I sebesar 70,37% siswa mencapai nilai KKM dan meningkat pada siklus II sebesar 92,59% siswa mencapai nilai KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV Zaid bin Tsabit pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi MIN 1 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanin Niswatul fauziah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Aug 2019 06:19
Last Modified: 09 Aug 2019 06:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7045

Actions (login required)

View Item View Item