upaya guru pendidikan agama islam mengatasi kesulitan belajar membaca al-qur'an (studi kasus di sma muhammadiyah 1 ponorogo 2018/2019)

Hadiansyah, April (2019) upaya guru pendidikan agama islam mengatasi kesulitan belajar membaca al-qur'an (studi kasus di sma muhammadiyah 1 ponorogo 2018/2019). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Hadiansyah, April. 2019. Upaya Guru PAI Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguran Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Ju’subaidi, M.Ag
KATA KUNCI : GURU, KESULITAN BELAJAR
Dalam proses pembelajaran di sekolah baik guru maupun siswa pasti mengharapkan agar mencapai hasil yang sebaik-baiknya. Guru mengharapkan agar siswa berhasil dalam belajarnya, dan siswa mengharapkan guru dapat mengajar dengan baik, sehingga mereka memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Dalam kenyataan harapan itu tidak selalu terwujud, masih banyak siswa yang tidak memperoleh hasil yang memuaskan. Kesulitan dalam belajar siswa merupakan suatu gejala yang selalu dihadapi oleh guru, karena guru bertanggung jawab untuk mengatasinya. Di dalam pembelajaran masih terdapat keluhan dari guru pendidikan agama islam bahwa beberapa siswa belum bisa membaca Al-Qur’an dan dari hasil penelitian adapun faktor kesulitan belajar membaca Al-Qur’an yang dialami siswa yaitu kurangnya murojaah, kurangnya latihan dan bimbingan orang tua saat di rumah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan kesulitan belajar membaca Al-Qur’an yang dialami siswa di SMA Muahmmadiyah 1 Ponorogo, (2) Upaya apa yang dilakukan guru PAI di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil objek di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo Teknik analisis menggunakan reduction, display, dan conclution. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Kesulitan belajar membaca Al-Qur’an yang dialami siswa di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo yaitu kelancaran dalam membaca Al-qur’an, memahami perubahan bentuk huruf hijaiyah yang bersambung, menerapkan hukum bacaan tajwid tentang mad tobi’i. 2) Upaya yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an yaitu dengan pembiasaan, pendekatan dan mengadakan pelatihan dalam membaca Al-Qur’an dengan beberapa tahapan yang dimulai dari pengenalan terhadap huruf, pelatihan penulisan huruf, pengenalan tanda baca dan bimbingan dalam membaca maupun memahami hukum bacaan mad tabi’i.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju'Subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Aug 2019 00:49
Last Modified: 09 Aug 2019 00:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7029

Actions (login required)

View Item View Item