penilaian autentik pada pembelajaran tematik integratif di kelas ii-a mi ma’arif patihan wetan babadan ponorogo

Laili, Fitriya Nur (2019) penilaian autentik pada pembelajaran tematik integratif di kelas ii-a mi ma’arif patihan wetan babadan ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
UPLOAD SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Laili, Fitriya Nur. 2019. Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas II-A MI Ma’arif Patihan Wetan Babadan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh. Mukhlas, M.Pd.

Kata Kunci: Penilaian autentik, Pembelajaran tematik integratif.
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara”. Mulai tahun pelajaran 2013/2014, pemerintah telah memberlakukan kurikulum baru yang disebut dengan Kurikulum 2013 yang menekankan penilaian autentik. Penilaian autentik adalah pengukuran atas proses dan hasil belajar peserta didik untuk ranah sikap (afektif), keterampilan (psikomotorik), dan pengetahuan (kognitif).
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penilaian kompetensi sikap pada pembelajaran tematik di kelas II-A MI Ma’arif Patihan Wetan Babadan Ponorogo, (2) untuk mendeskripsikan penilaian kompetensi pengetahuan pada pembelajaran tematik di kelas II-A MI Ma’arif Patihan Wetan Babadan Ponorogo, (3) untuk mendeskripsikan penilaian kompetensi keterampilan pada pembelajaran tematik di kelas II-A MI Ma’arif Patihan Wetan Babadan Ponorogo.
Penelitian ini peneliti lakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data berdasarkan Miles and Huberman dengan urutan langkah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut; (1) penilaian pada kompetensi sikap dilakukan dengan observasi yang instrumennya berbentuk lembar observasi, penilaian teman sejawat (peer evaluation), dan jurnal harian. (2) penilaian kompetensi pengetahuan dilakukan melalui teknik tes tulis, tes lisan, dan penugasan. Instrumen tes tulis berupa soal pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Instrumen tes disertai dengan pedoman penyekoran. (3) penilaian pada kompetensi keterampilan dilakukan melalui kinerja, proyek, produk, dan portofolio. Instrumen tes kinerja berupa pernyataan maupun daftar pertanyaan yang kemudian di buat daftar cek (check list) atau skala penilaian (rating scale). Instrumen dalam penilaian projek dan portofolio berupa bentuk perintah atau tugas maupun pernyataan untuk dikerjakan siswa yang telah dirumuskan guru melalui tiap-tiap teknik berdasarkan bab pembahasan. Hasil keseluruhan penilaian tiga ranah di atas nantinya akan dikumpulkan menjadi satu dan di tulis dalam aplikasi online berupa Aplikasi Rapor Digital (ARD).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Aug 2019 07:10
Last Modified: 08 Aug 2019 07:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7016

Actions (login required)

View Item View Item