implementasi program tahfidz dalam memperkuat karakter siswa di mts negeri 3 ponorogo

Afiyah, Sulfa (2019) implementasi program tahfidz dalam memperkuat karakter siswa di mts negeri 3 ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
skripsi pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Afiyah, Sulfa. 2019. Implementasi Program Tahfidz alQur’an dalam Memperkuat Karakter Siswa di Mts
Negeri 3 Ponorogo. Skripsi Jurusan Pendidikan
Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Ponorogo. Pembimbing, Ahmad Nu’man Hakiem,
M.Ag
Kata kunci: Program Tahfidz al-Qur’an, Karakter Siswa.
Dunia pendidikan sekolah-sekolah harus lebih intens
melaksanakan program pendidikan karakter. Hal itu
dikarenakan banyak siswa yang hanya pintar di kognitif
tetapi karakternya rendah, kurang disiplin dan sebagainya.
Kebanyakan praktisi pendidikan memang condong kepada
dimensi pengetahuan, yang memegang asumsi jika aspek
kognitif telah berkembang secara benar, maka aspek afektif
akan ikut berkembang secara positif, padahal kenyataannya
aspek afektif dan psikomotorik pun sangat berperan.
Tentunya hal itu bisa dikembangkan diluar teori atau
pelajaran, seperti kegiatan-kegiatan pembiasaan salah
satunya program tahfidz al-Qur’an.
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui
pelaksanaan program tahfidz al-Qur’an di MTs Negeri 3
Ponorogo. 2) untuk mengetahui konstribusi pelaksanaan
program tahfidz al-Qur’an dalam memperkuat karakter
kedisiplinan dan sikap tanggung jawab siswa yang
mengikuti program tahfidz al-Qur’an di MTs Negeri 3
Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis studi kasus. Subyek penelitian dalam
penelititan ini adalah peserta didik MTs Negeri 3 Ponorogo
yang mengikuti program tahfidz al-Qur’an sebanyak 22
siswa. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti
menggunakan metode wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik
analisis kualitatif miles dan huberman, yang meliputi
reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa 1)
Program tahfidz al-Qur’an di MTs Negeri 3 Ponorogo terdiri
dari tahapan pertama perencanaan disusun melalui:
Menetapkan program, menentukan indikator keberhasilan
program, adanya penanggung jawab program dan adanya
kegiatan. Tahapan kedua yakni kegiatan inti pelaksanaan
program tahfidz al-Qur’an telah berjalan baik dari proses
hafalan, metode yang digunakan, fasilitas yang ada.
Tahapan terakhir adalah evaluasi. 2) Program tahfidz AlQur’an memberikan konstribusi dalam memperkuat karakter
kedisiplinan, siswa menjadi disiplin berangkat lebih awal
setelah mengikuti program tahfidz al-Qur’an, begitu pula
dalam melaksanakan peraturan program tahfidz al-Qur’an,
serta disiplin dalam setoran hafalan. Adapun konstribusi
dalam memperkuat karakter tanggung jawab; siswa siap
menanggung konsekuensi ketika tidak menyetorkan hafalan,
juga tidak menyalahkan orang lain jika ada kesalahan dalam
menghafal al-Qur’an, siswa menyadari kelemahan dirinya
dalam menjaga hafalannya sehingga siswa selalu melakukan
muroja’ah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: A. Nu'man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Aug 2019 05:36
Last Modified: 08 Aug 2019 05:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7007

Actions (login required)

View Item View Item