Penerapan Strategi Video Comment dan Question Student Have dan Modelling the Way Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran PAI Pokok Bahasan Sayang,Hormat dan Patuh Kepada Orang Tua dan Guru (PTK di SMA Muhammadiyah 4 balong Kelas X Semester Genap Tahun Pelajaran 2014-2015).

Lilik, Sumaryati (2015) Penerapan Strategi Video Comment dan Question Student Have dan Modelling the Way Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran PAI Pokok Bahasan Sayang,Hormat dan Patuh Kepada Orang Tua dan Guru (PTK di SMA Muhammadiyah 4 balong Kelas X Semester Genap Tahun Pelajaran 2014-2015). Undergraduate (S1) thesis, STAIN Ponorogo.

[img] Text
15PAI07 lilik sumryati.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)

Abstract

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan khususnya pendidikan Nasional yang seiring dengan perkembangan zaman, maka pembaharuan sistem pendidikan nasional menjadi sebuah keniscayaan demi mewujudkan visi, misi dan tujuan pendidikan nasional, yakni mencetak manusia yang berkualitas yang mampu menghadapi perkembangan zaman saat era globalisasi dewasa ini. Untuk merealisasikannya guru harus menerapkan strategi pembelajaran yang tepat maka agar tercipta pembelajaran yang sehat, kreatif, bermutu, mempercepat proses pembelajaran siswa/ i dan meningkatkan hasil belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi video comment question student have dan modeling the way dapat meningkatkan kemampuan menyampaikan pendapat,kemampuan bertanya, dan hasil pembelajaran siswa-siswi kelas X semester genap Tahun pelajaran 2014/2015 pada mata pelajaran PAI Pokok Bahasan Sayang,Hormat dan Patuh Kepada Orang Tua dan Guru di SMA Muhammadiyah 4 Balong.
Penelitian ini adalah menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) di kelas X SMA Muhammadiyah 4 Balong. Peneliti menggunakan strategi video comment ,question student have dan modeling the way untuk mencapai tujuan di atas. PTK yang dilakukan melalui 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi untuk mencapai tujuan di atas.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan strategi video comment dan question student have yaitu kemampuan menyampaikan pendapat pada siklus (1) 55%, siklus (2) 90%, kemampuan bertanya pada siklus (1) 50%, siklus (2) 90%,kemampuan pembiasaan 1) 50%, siklus (2) 90%, dan hasil pembelajaran siklus (1) 45%, siklus (2) 95%, di SMA Muhammadiyah 4 Balong kelas X semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015 pokok bahasan Sayang ,Hormat dan Patuh kepada Orang Tua dan Guru.
Dengan demikian, para guru hendaknya dapat melakukan model pembelajaran yang bervariasi dan mengelola kelas dengan baik sehingga mampu mengaktifkan siswa pada ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi,M.Ag .
Subjects: ?? 2X73 ??
Divisions: ?? pro_pai ??
Depositing User: m. dhofar
Date Deposited: 29 Jun 2015 04:17
Last Modified: 29 Jun 2015 04:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/70

Actions (login required)

View Item View Item