(UBAH MENJADI FILE PDF) upaya meningkatkan hasil belajar melalui metode group investigation dalam mata pelajaran ips pokok bahasan kegiatan jual beli pada siswa kelas iii sdn 1 gawang kebonagong pacitan tahun pelajaran 2018/2019

Irfana, Allisa Adhitya Asep Irfana (2019) (UBAH MENJADI FILE PDF) upaya meningkatkan hasil belajar melalui metode group investigation dalam mata pelajaran ips pokok bahasan kegiatan jual beli pada siswa kelas iii sdn 1 gawang kebonagong pacitan tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210615145 Allisa Adhitya Asep Irfana.docx

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK

Adhitya, Allisa Asep Irfana 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Group Investigation Dalam Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Kegiatan Jual Beli Pada Siswa Kelas III SDN 1 Gawang Kebonagong Pacitan Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururuan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Faninda Novika Pertiwi, M.Pd.
Kata Kunci: Group Investigation, Ranah Afektif, Ranah Kognitif, Ranah Psikomotor, IPS
Rendahnya kemampuan siswa pada ranah afektif, kognitif dan psikomotor pada mata pelajaran IPS di SDN 1 Gawang dikarenakan adanya beberapa faktor. Salah satu faktor tersebut yaitu guru belum memaksimalkan penggunaan metode-metode dalam pembelajaran dan pengaruh perkembangan teknologi yang sangat kuat yang kurang terkontrol. Hal tersebut membuat siswa menjadi sulit memahami materi yang diajarkan sehingga hasil belajar siswa masih banyak yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditentukan yaitu 70. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat diupayakan dengan pemilihan metode pembelajaran yang tepat. Berdasarkan asumsi di atas maka penulis melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan metode Group Investigation.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan ranah afektif mata pelajaran IPS menggunakan metode Group Investigation pada siswa kelas III di SDN 1 Gawang tahun pelajaran 2018/2019, (2) mengetahui peningkatan ranah kognitif mata pelajaran IPS menggunakan metode Group Investigation pada siswa kelas III di SDN 1 Gawang tahun pelajaran 2018/2019, (3) mengetahui peningkatan ranah afektif mata pelajaran IPS menggunakan metode Group Investigation pada siswa kelas III di SDN 1 Gawang tahun pelajaran 2018/2019.
Penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diperoleh dari subyek penelitian yaitu semua siswa kelas III yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi langsung dan menggunkan catatan lapangan untuk mencatat data.
Hasil dari penelitian pada pembelajaran IPS materi kegiatan jual beli menunjukkan adanya peningkatan ranah afektif, kognitif, dan psikomotor pada siswa. Terlihat pada ranah afektif siklus I yang semula untuk kategori sangat baik hanya 24 % pada siklus II menjadi 47%, dan pada kategori baik menjadi 53%, sedangkan pada kategori kurang baik pada siklus I sebanyak 25%, namun pada siklus II sudah berkurang seluruhnya dan meningkat ketingkat selanjutnya.
Pada ranah kognitif siklus I menunjukkan siswa yang dinyatakan lulus sebesar 59%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88 %. Begitu juga dengan hasil ranah psikomotor pada siklus I siswa yang dinyatakan lulus sebesar 47%, dan pada siklus II meningkat menjadi 82%.
Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SDN 1 Gawang tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faninda Novika Pertiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:01
Last Modified: 08 Aug 2019 04:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/6994

Actions (login required)

View Item View Item