Penerapan Strategi Reading Aloud, Role Reversal Question, Dalam Metode Ummi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran PAI. (Penelitian Tindakan Kelas Di TK A Pas An Nuur Selur-Ngrayun-Ponorogo Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015).

Erna, Kartini (2015) Penerapan Strategi Reading Aloud, Role Reversal Question, Dalam Metode Ummi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran PAI. (Penelitian Tindakan Kelas Di TK A Pas An Nuur Selur-Ngrayun-Ponorogo Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015). Undergraduate (S1) thesis, STAIN Ponorogo.

[img] Text
15PAI06 erna kartini.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)

Abstract

Belajar Al-Qur’an yang baik harus dimulai sejak dini, dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dipengaruhi oleh Proses belajar mengajar yang baik. Proses Belajar Mengajar merupakan suatu kegiatan dalam rangka melaksanakan kurikulum suatu lembaga pendidikan agar dapat mempengaruhi siswa dalam mencapai tujuan pendidikan yang direncanakan dan ditetapkan, namun realita yang terjadi ditemukan 50% dari 20 siswa yang memperoleh nilai ulangan harian di bawah KKM yang telah ditentukan oleh guru, maka melihat kenyataan yang demikian, seorang guru harus bisa mencari jalan pemecahannya.
Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pembelajaran ini adalah untuk mengetahui : perubahan yang terjadi pada siswa terkait dengan ketepatan membaca Al-Qur’an siswa, kelancaran membaca Al-Qur’an siswa, Ketelitian membaca Al-Qur’an siswa, dan nilai hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran PAI pokok bahasan membaca huruf hijaiyyah dan surat Al-Lahab di PAS AN NUUR Selur Ngrayun Ponorogo kelas TK A semester genap tahun pelajaran 2014/2015.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Ressearch) dengan setting di kelas TK A PAS AN NUUR Selur Ngrayun Ponorogo dengan mencakup 2 (dua) siklus. Dalam setiap siklusnya melalui daur PTK yang terdiri 4 (empat) tahap yaitu : Perencanaan (Planning), Tindakan (Acting), Observasi (Observing), Dan Refleksi (Reflecting).
Dari hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa : 1) Pembelajaran melalui strategi Reading Aloud, strategi Role Reversal Question dalam Metode Ummi dapat meningkatkan ketepatan membaca Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran PAI pokok bahasan membaca Huruf hijaiyyah dan surat Al-Lahab di PAS AN NUUR Selur Ngrayun Ponorogo kelas TK A semester genap tahun pelajaran 2014/2015 menunjukkan bahwa hasil siklus I hanya ada 12 dari 20 siswa dengan prosentase 60 %. 2) pada siklus II mengalami peningkatan yang seqnifikan hal ini dapat dilihat dari 20 dari 20 siswa dengan prosentase 100%. Pembelajaran melalui strategi Reading Aloud, strategi Role Reversal Question dalam Metode Ummi dapat meningkatkan ketepatan membaca Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran PAI pokok bahasan Huruf hijaiyyah dan surat Al-Lahab di PAS AN NUUR Selur Ngrayun Ponorogo kelas TK A semester genap tahun pelajaran 2014/2015 menunjukkan bahwa hasil siklus I hanya ada 11 dari 20 siswa dengan prosentase 55%. pada siklus II mengalami peningkatan yang segnifikan hal ini dapat dilihat dari 20 dari 20 siswa dengan prosentase 100%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Retno Widiyaningrum, M.Pd
Subjects: ?? 2X73 ??
Divisions: ?? pro_pai ??
Depositing User: m. dhofar
Date Deposited: 29 Jun 2015 04:12
Last Modified: 29 Jun 2015 04:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/69

Actions (login required)

View Item View Item