Pendidikan Bagi Anak Supernormal: Telaah Atas Tujuan, Kurikulum, dan Metodedi MTsN Ponorogo

Ahmad, Farhan Hariri (2014) Pendidikan Bagi Anak Supernormal: Telaah Atas Tujuan, Kurikulum, dan Metodedi MTsN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, STAIN Ponorogo.

[img] Text
15PAI01Ahmad farhan hariri.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)

Abstract

Anak supernormal atau anak yang memiliki IQ tinggi di atas 110 lebih merupakan aset yang luar biasa bagi bangsa dan negara. Sudah sepantasnya mereka layak mendapatkan pendidikan yang berbedadari anak normal biasanya. Anak supernormal tidak akan bisa berkembang sendiri untuk meningkatkan kecerdasan dan bakat luar biasanya sendiri tanpa bantuan orang lain . Oleh karena itu, mereka sangat membutuhkan arahan dan layanan pendidikan yang tepat sesuai dengan tingkat kecerdasan mereka yang tinggi.
Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Ponorogo sebagai satu-satunya lembaga pendidikan formal yang telah menyelenggarakan layanan pendidikan bagi anak supernormal yang pertama kali di Ponorogo, yang sebelumnya sudah teridentifikasi memiliki kecerdasan serta bakat istimewa di atas rata-rata anak normal melalui serangkaian tes IQ dan nilai rapor.
Dalampenelitianinimasalah yang ditelitiadalah(1) Bagaimanatujuan pendidikan bagi anak supernormal di MTsN Ponorogo, (2) Bagaimanakurikulum pendidikan bagi anak supernormal di MTsN Ponorogo, (3) Bagaimanametode pengajaran bagi anak supernormal di MTsN Ponorogo
Dalampenelitianinipenelitimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitianstudikasus.Teknikpengumpulan data menggunakanteknikobservasi, wawancaradandokumentasi.Adapunteknikanalisisdatanyamenggunakantigatahapanyaitureduksi data, displaydanpenarikankesimpulan.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) Tujuan pendidikan bagi anak supernormal di MTsN Ponorogo adalah memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar Ponorogo yang memiliki tingkat kecerdasan istimewa disertai dengan bakat luar biasa serta memberikan penghargaan bagi siswa yang berintelegensi tinggi untuk menyelesaikan pendidikannya secara singkat dibanding siswa normal. (2) Kurikulum pendidikan bagi anak supernormal di MTsN Ponorogo menggunakan kurikulum berdiferensiasi dengan menyediakan kelas akslerasi dengan sistem loncat kelasatau hanya dua tahun masa belajar sebagai bentuk layanan pendidikannya. (3) Metode pengajaran bagi anak supernormal di MTsN Ponorogo sudah menggunakan metodepengajaran inovatif seperti team teaching, field study, recitation, karya wisata dan metode inovatif modern lainnya. Ada pengembangan metode yang guru gunakanuntukmeningkatkan kemampuan serta merangsang psikomotorik dan kogniitf siswa supernormal, yaitu melalui metode pengajaran outdoor learning dan study integrity

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: (1) Dra. Hj. Futihati Romlah, M.S.I , (2) M. Nurdin, M.Ag.
Subjects: ?? 2X73 ??
Divisions: ?? pro_pai ??
Depositing User: m. dhofar
Date Deposited: 29 Jun 2015 03:35
Last Modified: 29 Jun 2015 03:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/64

Actions (login required)

View Item View Item