Pola Mengajar Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Kelas IV MI Ma’arif Patihan Wetan Tahun Pelajaran 2018/2019

Puspitasari, Desy (2019) Pola Mengajar Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Kelas IV MI Ma’arif Patihan Wetan Tahun Pelajaran 2018/2019.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
fIX.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Puspitasari, Desy. 2019. Pola Mengajar Guru dalam
Meningkatkan Mutu Pembelajaran di kelas IV MI Ma’arif Patihan Wetan Tahun pelajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Mukhlison Effendi,M.Ag.

Kata Kunci : Pola mengajar guru, Mutu Pembelajaran
Guru memegang kunci utama bagi salah satu faktor penting dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah terutama dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini pola mengajar guru dalam menerapkan metode dan strategi sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran yang aktif, kreatif dan inovatif sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pola mengajar guru di kelas IV MI Ma’arif Patihan Wetan tahun pelajaran 2018/2019. (2) untuk mengetahui mutu pembelajaran dikelas IV MI Ma’arif Patihan Wetan berdasarkan Pola mengajar guru yang beragam tahun pelajaran 2018/2019.
Metode yang penulis gunakan adalah melalui pendekatan kualitatif. Jenis penelitian menggunakan penelitian studi kasus, dengan teknik pengumpulan data yang meliputi: Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data meliputi: Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dengan metode ini diharapkan dapat memperoleh data-data yang konkrit yang sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan oleh pola mengajar guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MI Ma’arif Patihan Wetan.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) guru mengajar dengan menerapkan pola mengajar yang beragam yaitu dengan menerapkan metode dan strategi pembelajaran disesuaikan dengan materi yang diajarkan. Sehingga proses pembelajaran menjadi aktif, kreatif, dan inovatif dan proses pembelajaran berhasil mencapai tujuan yang telah ditentukan. (2) dengan adanya pola mengajar yang beragam dapat meningkatkan mutu pembelajaran yang baik karena dapat menerapkan berbagai inovasi-inovasi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Article
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2019 01:16
Last Modified: 31 May 2019 01:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/5986

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item