KONSEP KEPRIBADIAN GURU MENURUT ZAKIAH DARADJAT

FITRIANA, SUSI (2019) KONSEP KEPRIBADIAN GURU MENURUT ZAKIAH DARADJAT. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SUSI FITRIANA TESIS.pdf

Download (627kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Fitriana, Susi. 2019. Konsep Kepribadian Guru Menurut Zakiah Daradjat. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. PembimbingDr. Aksin, M.Ag.

Kata Kunci: Kepribadian Guru, Pemikiran Zakiah Daradjat

Faktor terpenting bagi seorang guru adalah kepribadiannya, kepribadian guru mempunyai pengaruh langsung terhadap kebiasaan-kebiasaan proses belajar anak didik. Dewasa ini, banyak sekali guru yang tidak peduli terhadap kepribadian yang dibawanya ketika proses belajar. Akibatnya akan berdampak buruk terhadap mental maupun fisik anak didik dan menyebabkan menurunnya citra baik seorang guru di depan siswanya. Untuk menciptakan kepribadian guru agar lebih baik dalam proses belajar, maka penting sekali seorang guru mengetahui enam unsure pokok dalam proses belajar.
Untuk mengetahui konsep kepribadian guru tentulah terdapat banyak pemikir tokoh yang menguraikannya, akan tetapi penulis memilih pemikiran dari Zakiah Daradjat, karena beliau menampilkan konsep kepribadaian guru dalam proses belajar dengan memandang anak didik dari segi mental, fisik, kejiwaan, dan motivasi yang dimilikinya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan fungsi kepribadian guru menurut Zakiah Daradjat, (2)mendeskripsikan konsep kepribadian guru dalam proses belajar menurut Zakiah Daradjat, (3) mendeskripsikan pengembangan terhadap konsep kepribadian guru dalam proses belajar menurut Zakiah Daradjat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya yaitu penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analisys).
Berdasarkan proses pengumpulan data dan analisis data hasil penelitian ini di antaranya: Pertama, fungsi kepribadian guru menurut Zakiah Daradjatya itu untuk mengetahui keseimbangan dan keserasian mengenai kepribadian guru termasuk dalam proses belajar, dengan demikian pikirannya mampu bekerja dengan tenang dan setiap masalah dapat difahaminya secara objektif, terutama dalam proses belajaranak didik. Kedua, konsep kepribadian guru dalam proses belajar menurut Zakiah Daradjat mencakup enam unsur di antaranya: kegairahan dan kesediaan untuk belajar, membangkitkan minat peserta didik, menumbuhkan bakat, sikap dan nilai, mengatur proses belajar mengajar, situasi belajar mengajar secara manusiawi, dan mentransfer pengaruh belajar di dalam sekolah kepada penerapannya di dalam kehidupan di luar sekolah. Ketiga, pengembangan terhadap konsep kepribadian guru dalam proses belajar menurut Zakiah Daradjat, dalam hal ini menggunakan teori Abraham Maslow. Kemudian untuk fungsi pengembangan kepribadian guru dengan menggunakan teori dari Veithzal Rivai manajemen sumber daya manusia yaitu dikembangkan dengan enam macam MSDM di antaranya perencanaan SDM, analisis dan rancang pekerjaan, rekrutmen dan seleksi, pengenalan, penempatan dan pemberhentian.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: AKSIN WIJAYA
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 May 2019 02:48
Last Modified: 24 May 2019 02:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/5600

Actions (login required)

View Item View Item