Pengaruh Produk Syariah Dan Bauran Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di BMT NU Ngasem Cabang Jampet Bojonegoro

Hanik, Ummi Lailatul (2019) Pengaruh Produk Syariah Dan Bauran Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di BMT NU Ngasem Cabang Jampet Bojonegoro. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
upload perpus-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Hanik, Ummi Lailatul. 2019. Pengaruh Produk Syariah dan Bauran Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di BMT NU Ngasem Cabang Jampet Bojonegoro. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh. Mukhlas, M. Pd.
Kata Kunci: Produk Syariah, Bauran Promosi, Keputusan Nasabah
Keputusan nasabah adalah sebuah proses pendekatan penyelesaian masalah, mencari informasi, beberapa penilain alternatif, membuat keputusan membeli dan perilaku setelah membeli yang dilalui konsumen. Dalam pengembangan BMT terdapat berbagai kendala yaitu dalam pemahaman atau pengetahuan masyarakat umumnya yang kurang mengetahui tentang apa itu syari’ah dan pengoperasionalannya. Pengetahuan yang kurang mengenai sistem perbankan syari’ah di sini lah yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan nasabah dalam memilih suatu lembaga keuangan tersebut, sehingga BMT harus berusaha seoptimal mungkin dapat menarik perhatian dan simpatik masyarakat, baik dalam menghimpun dana maupun menambah jumlah nasabah dengan cara meningkatkan kualitas produk syariah dan bauran promosi. Peningkatan kualitas produk dan bauran promosi merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan, karena peningkatan kualitas produk dengan ditunjang bauran promosi yang maksimal akan memberikan dampak besar terhadap keputusan nasabah memilih untuk bertransaksi di BMT tersebut. Dengan demikian kualitas produk serta penerapan bauran promosi tersebut menjadi salah satu indikator meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap BMT sehingga perkembangannya menjadi sangat signifikan dan sekarang mampu melahirkan berbagai cabang, salah satunya adalah BMT NU Ngasem Cabang Jampet.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan pengaruh produk syari’ah terhadap keputusan nasabah dalam menabung di BMT NU Ngasem Cabang Jampet Bojonegoro, (2) menjelaskan pengaruh bauran promosi terhadap keputusan nasabah dalam menabung di BMT NU Ngasem Cabang Jampet Bojonegoro, dan (3) menjelaskan pengaruh produk syari’ah dan bauran promosi secara simultan terhadap keputusan nasabah menabung di BMT NU Ngasem Cabang Jampet Bojonegoro.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian nonexperiment yakni penelitian yang observasinya dilakukan terhadap sejumlah variabel subjek penelitian menurut keadaan apa adanya, tanpa ada manipulasi/intervensi peneliti, adapun jenis dari penelitian nonexperiment yang digunakan adalah expost facto. Penelitian ini dilakukan di BMT NU Ngasem Cabang Jampet di desa Jampet Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro dengan populasi semua anggota BMT NU Ngasem berjumlah 7.895 dan sampelnya 199 anggota. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi berganda.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan antara produk syariah terhadap keputusan nasabah sebesar 55,2%, sedangkan 44,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti, (2) ada pengaruh yang signifikan antara bauran promosi terhadap keputusan nasabah sebesar 46,2%, sedangkan 53,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti, dan (3) ada pengaruh yang signifikan antara produk syariah dan bauran promosi terhadap keputusan nasabah sebesar 56,6%, sedangkan 43,3% di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Apr 2019 06:25
Last Modified: 04 Apr 2019 06:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/5514

Actions (login required)

View Item View Item