Pengaruh Keaktifan Belajar dan Minat Membaca terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMP N 2 Pulung Ponorogo Tahun Ajaran 2014/2015.

Johan, Wahyu Tri Astuti Pengaruh Keaktifan Belajar dan Minat Membaca terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMP N 2 Pulung Ponorogo Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, STAIN Ponorogo.

[img] Text
(15PAI42) JOHAN WAHYU TRI ASTUTI.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)

Abstract

ABSTRAK
Wahyu, Johan. Pengaruh Keaktifan Belajar dan Minat Membaca terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMP N 2 Pulung Ponorogo Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Program studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo, Pembimbing Andhita Dessy Wulansari, M. Si.
Kata Kunci : Keaktifan Belajar, Minat Membaca dan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMP N 2 Pulung Ponorogo Tahun Ajaran 2014/2015.
Belajar merupakan suatu hal yang penting dalam dunia pendidikan. Dalam belajar pasti mempunyai tujuan yang akan dicapai yaitu agar peserta didik memperoleh hasil belajar yang maksimal, untuk mencapai tujuan tersebut perlu adanya keaktifan dalam belajar serta minat membaca dalam diri peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan peserta didik di SMP N 2 Pulung Ponorogo ternyata hasil belajar PAI mereka belum maksimal, masih banyak peserta didik yang mendapatkan nilai ulangan harian rendah dan dibawah KKM yaitu dibawah 75, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar tersebut yaitu keaktifan belajar dan minat membaca.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui tingkat keaktifan belajar peserta didik kelas VIII SMP N 2 Pulung Ponorogo tahun ajaran 2014/2015, (2) Mengetahui tingkat minat membaca peserta didik kelas VIII SMP N 2 Pulung Ponorogo tahun ajaran 2014/2015, (3) Mengetahui hasil belajar PAI peserta didik kelas VIII SMP N 2 Pulung Ponorogo tahun ajaran 2014/2015, dan (4) Mengetahui apakah keaktifan belajar dan minat membaca berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PAI peserta didik kelas VIII SMP N 2 Pulung Ponorogo tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian tersebut menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknis analisis datanya menggunakan regresi linier berganda. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi.
Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) Tingkat keaktifan belajar peserta didik kelas VIII SMP N 2 Pulung Ponorogo tahun ajaran 2014/2015 dikategorikan sedang, (2) Tingkat minat membaca peserta didik kelas VIII SMP N 2 Pulung Ponorogo tahun ajaran 2014/2015 dikategorikan sedang, (3) Hasil belajar PAI peserta didik kelas VIII SMP N 2 Pulung Ponorogo tahun ajaran 2014/2015 dikategorikan sedang, dan (4) Variabel keaktifan belajar dan minat membaca berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PAI peserta didik kelas VIII SMP N 2 Pulung Ponorogo tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Desi
Location: T 2015 PAI 42
Subjects: ?? 2X73 ??
Divisions: ?? pro_pai ??
Depositing User: Ms Mujiati
Date Deposited: 19 Aug 2015 05:12
Last Modified: 19 Aug 2015 05:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/335

Actions (login required)

View Item View Item