Pengaruh Motivasi Menghindari Riba, Religiusitas, Reputasi dan Lingkungan Sosial Alumni Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo Terhadap Keputusan Menggunakan Produk Bank Syariah

Fauziah, Nurlaily (2023) Pengaruh Motivasi Menghindari Riba, Religiusitas, Reputasi dan Lingkungan Sosial Alumni Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo Terhadap Keputusan Menggunakan Produk Bank Syariah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURLAILY FAUZIAH_402190075_PS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan ada dua yaitu faktor eksternal dan internal, misalnya seperti motivasi, religiusitas, reputasi dan lingkungan sosial. Adapun permasalahan yang ditemui di lapangan berdasarkan hasil wawancara dengan alumni Pondok Pesantren Al-Islam Joresan adalah menghindari riba, religiusitas, reputasi dan lingkungan sosial yang baik nyatanya belum membuat alumni memutuskan menggunakan produk bank syariah untuk bertransaksi.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh motivasi menghindari riba terhadap keputusan alumni Pondok Pesantren Al-Islam menggunakan produk bank syariah 2) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh religisuitas terhadap keputusan alumni Pondok Pesantren Al-Islam menggunakan produk bank syariah 3) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh reputasi terhadap keputusan alumni Pondok Pesantren Al-Islam menggunakan produk bank syariah 4) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh lingkungan sosial terhadap keputusan alumni Pondok Pesantren Al-Islam menggunakan produk bank syariah 5) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh motivasi menghindari riba, religiusitas, reputasi dan lingkungan sosial terhadap keputusan menggunakan produk bank syariah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan pada alumni Pondok Pesantren Al-Islam. Teknik pengambilan sampel menggunakan snowball sampling dan sampel yang dibutuhkan sebanyak 97 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda melalui software SPSS 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi menghindari riba baik secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan produk bank syariah. Religiusitas baik secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan produk bank syariah. Reputasi baik secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan produk bank syariah. Dan lingkungan sosial secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan produk bank syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Feb 2025 01:29
Last Modified: 03 Feb 2025 01:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/32112

Actions (login required)

View Item View Item