..(LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS BLM DITANDA TANGANI (GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN), TAMBAHKAN WATERMARK S/D dAFTAR PUSTAKA, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Representasi Konflik Sosial Dalam Film Cahaya Cinta Pesantren Karya Ira Madan (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Nastainu, Fauziah Dwi (2024) ..(LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS BLM DITANDA TANGANI (GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN), TAMBAHKAN WATERMARK S/D dAFTAR PUSTAKA, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Representasi Konflik Sosial Dalam Film Cahaya Cinta Pesantren Karya Ira Madan (Analisis Semiotika Roland Barthes). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
DUMMY FAUZIAH DWI NASTAINU a5.docx

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Nastainu, Fauziah Dwi. 2024. Representasi Konflik Sosial dalam Film Cahaya Cinta Pesantren Karya Ira Madan (Analisis Semiotika Roland Barthes). Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Galih Akbar Prabowo, M.A.

Penelitian ini mengangkat masalah representasi konflik sosial yang terdapat dalam film "Cahaya Cinta Pesantren" karya Ira Madan.Melalui analisis ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana film mencerminkan realitas sosial yang kompleks.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) Representasi Konflik sosial dala film Cahaya Cinta Pesantren karya Ira Madan, (2) Makna Denotasi konflik osial dalam film Cahaya Cinta Pesantren karya Ira Madan, (3) Makna Konotasi konflik sosial dalam film Cahaya Cinta Pesantren karya Ira Madan.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis semiotika Roland Barthes. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, dengan fokus pada potongan-potongan adegan yang menggambarkan konflik sosial. Penelitian ini mengeksplorasi tanda-tanda dalam film dan makna yang terkandung di dalamnya, baik secara denotatif maupun konotatif.
Berasarkan analisis dan data dapat disimpulkan: (1) Analisis denotasi menunjukkan bahwa film Cahaya Cinta Pesantren merupakan potret kehidupan santri yang menggambarkan perjalanan seorang remaja perempuan bernama Shila dalam menghadapi tantangan pendidikan dan kehidupan di pesantren. Film ini menampilkan konflik nyata yang dialami santri, mulai dari perjuangan melanjutkan pendidikan hingga adaptasi dengan lingkungan pesantren yang memiliki aturan ketat. (2) Konotasi dalam film ini melampaui sekadar narasi individual, mengungkap dinamika emosional yang mendalam antara keinginan pribadi dan tuntutan sosial. Film menunjukkan bagaimana individu berjuang dengan norma-norma sosial, aturan ketat pesantren, dan harapan masyarakat, sambil berupaya mempertahankan identitas dan kebebasan diri. (3) Film Cahaya Cinta Pesantren mengeksplorasi konflik sosial melalui tiga dimensi utama: konflik internal, interpersonal, dan antara individu dengan kelompok. Konflik internal ditunjukkan melalui pergulatan batin tokoh seperti Shila yang menghadapi ketidakpastian dan kekecewaan. Konflik interpersonal terlihat dalam hubungan antara Shila dan Icut, yang dipenuhi kesalahpahaman dan persaingan. Konflik antara individu dan kelompok muncul ketika tokoh-tokoh film mencoba menyesuaikan diri atau menentang norma-norma yang ada di pesantren.

Kata Kunci: Konflik Sosial, Film, Semiotika Roland Barthes

ABSTRACT

Nastainu, Fauziah Dwi. 2024. Representation of Social Conflict in the Film Cahaya Cinta Pesantren by Ira Madan (A Semiotic Analysis of Roland Barthes). Thesis. Department of Communication and Islamic Broadcasting, Faculty of Ushuluddin Adab and Dawah, State Islamic Institute of Ponorogo. Supervisor: Galih Akbar Prabowo, M.A.

This research raises the issue of the representation of social conflict contained in the film "Cahaya Cinta Pesantren" by Ira Madan. Through this analysis, it is hoped that it can provide a deeper understanding of how the film reflects complex social realities.
The aim of this research is to describe: (1) Representation of social conflict in the film Cahaya Cinta Pesantren by Ira Madan, (2) Denotational meaning of social conflict in the film Cahaya Cinta Pesantren by Ira Madan, (3) Connotative meaning of social conflict in the film Cahaya Cinta Pesantren by Ira Madan.
The research method used is a qualitative approach with Roland Barthes' semiotic analysis. Data was collected through observation and documentation, with a focus on scenes depicting social conflict. This research explores the signs in films and the meaning contained in them, both denotatively and connotatively.
Analysis shows that the film Cahaya Cinta Pesantren is a portrait of the life of a santri which depicts the journey of a teenage girl named Shila in facing the challenges of education and life in an Islamic boarding school. This film shows the real conflicts experienced by santri, starting from the struggle to continue their education to adapting to the Islamic boarding school environment which has strict rules. (2) The connotations in this film go beyond individual narratives, revealing deep emotional dynamics between personal desires and social demands. The film shows how individuals struggle with social norms, the strict rules of Islamic boarding schools, and societal expectations, while trying to maintain their identity and freedom. (3) The film Cahaya Cinta Pesantren explores social conflict through three main dimensions: internal conflict, interpersonal conflict, and between individuals and groups. Internal conflict is shown through the inner struggles of characters like Shila who face uncertainty and disappointment. Interpersonal conflict is seen in the relationship between Shila and Icut, which is filled with misunderstanding and rivalry. Conflicts between individuals and groups arise when film characters try to conform to or challenge existing norms in Islamic boarding schools.

Keywords: Social Conflict, Film, Roland Barthes Semiotics

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Galih Akbar Prabowo
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jan 2025 07:17
Last Modified: 23 Jan 2025 07:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/32045

Actions (login required)

View Item View Item