Sifa Sakina, Dara (2024) Kolaborasi Guru Pendidikan Agama Islam Dan Guru Bimbingan Konseling Dalam Penanganan Siswa Underachiever Di Ma Ma’arif Balong. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201190053_DARA SIFA SAKINA_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Sifa Sakina, Dara. 2024. Kolaborasi Guru Pendidikan Agama Islam dan Guru Bimbingan Konseling dalam Penanganan Siswa Underachiever Di MA Ma’arif Balong. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi, Penanganan, Underachiever Pendidikan menjadi bagian penting bagi kehidupan dan kelangsungan hidup manusia. Dalam situasi seperti itu mereka perlu mendapatkan bantuan atau bimbingan dari guru dengan seksama terhadap siswanya. Jika masalah tersebut tidak segera ditangani maka akan menjalar lebih luas dan membawa dampak negatif baik terhadap siswa itu sendiri maupun terhadap lingkungannya. Peserta didik underachiever ini, di pandang sebagai siswa yang mengalami kesulitan belajar di sekolah, karena secara potensial mereka memiliki kemungkinan untuk memperoleh prestasi belajar yang tinggi. Keadaan dilatarbelakangi oleh aspek-aspek motivasi, minat, sikap, kebiasaan belajar, ciri-ciri kepribadian tertentu dan suasana keluarga yang tidak mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya dalam menangani siswa underachiever dalam proses pembelajara dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penanganan peserta didik underachiever di MA Ma’arif Balong Ponorogo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, adapun teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah, teknik analisis data interaktif Miles, Huberman, dan Saldana meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, yang mencakup kata-kata dan kalimat informasi narasumber dan tindakan dari objek penelitian dengan jumlah sembilan partisipan, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis penelitian yang telah dilakukakan, dapat disimpulkan bahwa: Upaya guru PAI dalam menangani peserta didik underachiever di MA Ma’arif Balong Ponorogo yaitu dengan memberikan bimbingan dan pengarahan kepada siswa secara intensif sesuai dengan faktor yang melatarbelakangi siswa tersebut menjadi underachiever. Melakukan kerjasama antara guru PAI, wali kelas dan orang tua dalam memahami karakter ataupun kepribadian siswa serta masalah yang dihadapinya. Wali kelas memberikan catatan absensi, daftar nilai dan juga catatan-catatan yang lainnya kepada guru PAI dan guru BK untuk mempermudah dalam proses diagnosa dan pemberian bimbingan serta arahan sesuai kebutuhan dan karakter siswa masing-masing untuk keberhasilan dalam proses pembelajaran. Model kolaborasi dalam penanganan siswa underachiever di MA Ma’arif Balong Ponorogo. Faktor pendukungnya adalah adanya dukungan dan kerjasama dari wali kelas, guru PAI dan guru BK dalam pelaksanaan bimbingan secara mendalam dan didukung dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keberadaan siswa yang kurang terbuka baik kepada guru maupun orang tuanya. Selain itu kurangnya komunikasi dengan orang tua karena pola pengasuhan kedua orangtua kurang kompak, kurangnya pengembangan kepercayaan diri, kurangnya dorongan pada anak untuk mengambil resiko, serta hubungan antara orangtua dan anak penuh konflik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Kharisul Wathoni |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 03:02 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 03:02 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/32026 |
Actions (login required)
View Item |