..(TAMBAHKAN TTD DAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, (TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, (LETAK: DI BAWAH LEMBAR PENGESAHAN) , TAMBAHKAN WATERMARK S/D DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG).. Implementasi Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Kelas XI (PTK di SMA Negeri 1 Jenangan Ponorogo)

Malikhah, Eniriatul (2023) ..(TAMBAHKAN TTD DAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, (TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, (LETAK: DI BAWAH LEMBAR PENGESAHAN) , TAMBAHKAN WATERMARK S/D DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG).. Implementasi Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Kelas XI (PTK di SMA Negeri 1 Jenangan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
REVISI 7 SKRIPSI PASCA UJIAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa merupakan salah satu hal utama yang
hendak dicapai guru dalam proses pembelajaran. Berbagai aspek dalam unsur-unsur
kegiatan belajar mengajar memiliki pengaruh besar terhadap keaktifan dan hasil belajar
siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya keaktifan belajar dan hasil
belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jenangan pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti.
Berdasarkan observasi yang dilakukan, didapatkan data bahwa keaktifan siswa pada proses
pembelajaran belum mencapai setengah jumlah siswa di dalam kelas, yaitu sebesar 44,11%.
Ketika diadakan assesment harian, didapatkan data bahwa masih terdapat beberapa siswa
yang belum memenuhi nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu sebesar 50% atau
setengah dari total keseluruhan siswa. Hal tersebut menyebabkan guru harus melakukan
remedial pada sebagian siswa tersebut. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan
tersebut yaitu menerapkan pembelajaran dengan metode tutor sebaya pada mata pelajaran
PAI dan Budi Pekerti.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan peningkatan keaktifan belajar
siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jenangan pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti setelah
diterapkan metode pembelajaran Tutor Sebaya; (2) untuk menjelaskan peningkatan hasil
belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jenangan pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti
setelah diterapkan metode pembelajaran Tutor Sebaya.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga kali siklus, yaitu siklus I, siklus II, siklus III. Pada
setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jenangan yang beranggotakan 34
siswa, dengan rincian 16 siswa laki-laki dan 18 siswi perempuan. Alasan pemilihan kelas XI
sebagai subjek penelitian yaitu karena pada kelas XI didapati kurangnya motivasi dan
kepercayaan diri dalam diri siswa untuk berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran.
Perasaan malu, minder dan kurangnya keberanian untuk berinteraksi dengan guru atau
sesama siswa lain selama proses pembelajaran, sehingga terdapat beberapa permasalahan,
salah satunya yaitu kurang optimalnya keaktifan belajar selama proses pembelajaran.
Berdasarkan analisis data, dapat diketahui bahwa: (1) metode tutor sebaya dapat
meningkatkan keaktifan belajar siswa. Pada tahap pra siklus persentase keaktifan belajar
siswa sebesar 53,43%, meningkat pada siklus I menjadi 75,80%, kemudian mengalami
peningkatan lagi menjadi 76,47% pada siklus II, dan mengalami peningkatan lagi pada
siklus III menjadi 83,33%. Peningkatan keaktifan belajar juga terlihat dari lima indikator
keaktifan belajar siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Khususnya pada
indikator oral activity, mental activity, dan writing activity; (2) metode tutor sebaya dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Pada tahap pra siklus, siswa yang nilainya dalam kategori
tuntas sebesar 50%, kemudian mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus I
menjadi 82,35%, kemudian mengalami peningkatan lagi pada siklus II menjadi 85,30%, dan
mengalami peningkatan lagi pada siklus II menjadi 91,20% dari total keseluruhan siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jan 2025 01:39
Last Modified: 23 Jan 2025 01:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/32020

Actions (login required)

View Item View Item