..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..ANALISIS HERMENEUTIK NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM

Faruq Romdhoni, Faruq (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..ANALISIS HERMENEUTIK NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
FARUQ ROMDHONI 201190084 FIX.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Romdhoni, Faruq. 2024. Analisis Hermeneutik Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Siti Rohmaturrosyidah, M.Pd.I.
Kata Kunci : Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Novel, Tujuan Pendidikan Islam
Perubahan zaman dan kemajuan teknologi informasi menyebabkan nilai-nilai karakter semakin melemah. Minimnya karakter semakin merajalalela di kalangan generasi muda. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk memperbaiki nilai-nilai karakter melalui beberapa cara, salah satunya melalui media. Media yang dapat digunakan sebagai proses penyaluran karakter adalah novel. Novel yang baik pastinya mengandung peran, perwatakan, maupun nilai-nilai pendidikan karakter. Tidak hanya itu, novel yang baik juga mengandung nilai-nilai religius yang sangat dibutuhkan guna memperbaiki sikap mental spiritual serta meningkatkan kesadaran beragama. Salah satu novel yang dapat dijadikan pembelajaran mengenai nilai-nilai adalah Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata, (2) analisis hermeneutik nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata, (3) relevansi antara nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata dengan tujuan pendidikan Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kajian pustaka atau library research. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata dan buku Ilmu Pendidikan Islam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa analisis isi (content analysis).
Hasil Penelitian ini menemukan: (1) Nilai-nilai karakter dalam novel Laskar Pelangi meliputi nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. (2) Analisis hermeneutik nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Laskar Pelangi yakni beriman kepada Allah Swt yakni tak ada hal satu pun di dunia ini terjadi karena kebetulan. Beriman kepada Qada dan Qadar yaitu di dalam tempurung kepala ditumbuhi gimbal awut-awutan berujung kuning. Nilai shalat yakni biar dapat pahala yang lebih banyak. Berbakti kepada orang tua terdapat pada semangat anaknya yang menggelegak. Persaudaraan terdapat pada murid-murid Laskar Pelangi bejaya di sudut-sudut kampung. Nilai jujur yakni walaupun akan diancam dan dicampakkan kedalam lautan api yang berkobar-kobar. Nilai disiplin terdapat pada bahkan lebih awal. Nilai kerja keras yakni terbanglah dia meninggalkan rumah doyong berdinding kulit kayu itu. Nilai kreatif pada bagian diciptakannya konfigurasi belajar. Nilai mandiri yaitu tidak disuratkan nasib untuk bejaya di pulpen dan kertas-kertas. (3) Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Laskar Pelangi dengan tujuan pendidikan Islam pada nilai religius yakni beriman kepada Allah Swt, yang relevan memiliki kesamaan penjelasan. Mendirikan shalat agar tercapai anak didik yang memiliki kesalehan spiritual. Nilai karakter berbakti kepada orang tua terwujudnya insan kamil yang berakhlakul karimah. Sikap sabar menahan segala hal yang tidak disukai Allah swt. Sikap disiplin menghargai waktu. Nilai rasa ingin terwujudnya insan yang cerdas, Nilai bersahabat dan komunikatif terwujudnya insan yang cerdas.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah R., M.Pd.I.
Location: IAIN PONOROGO JAWA TIMUR
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1903 Journalism and Professional Writing > 190301 Journalism Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jan 2025 01:30
Last Modified: 20 Jan 2025 01:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31950

Actions (login required)

View Item View Item