Nisa', Qurrotul Lailatin (2024) MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SDN 2 TUGUREJO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
203200086_QURROTUL LAILATIN NISA'_SKRIPSI DUMMY.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Nisa’, Qurrotul Lailatin. 2024. Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di SDN 2 Tugurejo Slahung Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Lukman Hakim. M. Pd.
Kata Kunci: motivasi belajar, bahasa Indonesia, siswa kelas V
Di sekolah, siswa memiliki tingkat motivasi yang bervariasi, yang dapat dikategorikan menjadi tinggi, sedang, dan rendah. Hal ini memengaruhi hasil belajar siswa serta partisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Motivasi belajar siswa tidak hanya dipengaruhi oleh faktor internal, seperti minat dan tujuan pribadi siswa, namun juga dipengaruhi oleh faktor eksternal, termasuk peran guru. Guru yang efektif dapat menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif dan memberikan dorongan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Analisis dalam penelitian ini akan memberikan gambaran mengenai variasi motivasi belajar siswa dan faktor faktor yang memengaruhi, serta cara guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN 2 Tugurejo, (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat motivasi belajar siswa mata pelajaran bahasa Indonesia SDN 2 Tugurejo (3) mendeskripsikan upaya guru dalam memberikan motivasi belajar kepada siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN 2 Tugurejo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data danpenyajian data yang didapat dari hasil angket motivasi belajar. Pengambilan data didapat dari hasil angket motivasi belajar dan wawancara dengan siswa dan guru. Peneliti menyajikan data dari hasil angket dalam bentuk narasi dengan maksud mudah di pahami oleh peneliti maupun pembaca.
Dalam penelitian ini diperoleh hasil pertama, Motivasi belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V di SDN 2 Tugurejo terdapat 2 siswa memiliki motivasi tinggi, 10 siswa memiliki motivasi belajar sedang, serta 3 siswa memiliki motivasi belajar rendah. Kedua,faktor pendukung motivasi belajar mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu adanya sudut baca di setiap kelas yang memudahkan siswa membaca dan mencari informasi. Faktor penghambat motivasi belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu sebagian siswa yang masih kesulitan dalam memahami materi abstrak seperti menentukan ide pokok dan kalimat utama. Ketiga, Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SDN 2 Tugurejo sudah dilakukan oleh guru bahasa Indonesia yaitu adanya memberikan penghargaan verbal tepuk tangan dan pujian, membuat kelompok presentasi pada saat pembelajaran bahasa Indonesia, selalu menggunakan ice breaking ketika siswa merasa bosan. Hal tersebut dibuktikan dengan terlaksananya upaya tersebut selama peneliti melakukan observasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | LUKMAN HAKIM |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 08:05 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 08:05 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31937 |
Actions (login required)
View Item |