..(JADIKAN SATU FILE PDF, UPLOAD ULANG)..Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together berbantu Media Tutup Botol untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Ni'mah, Zulfa Khoirun (2024) ..(JADIKAN SATU FILE PDF, UPLOAD ULANG)..Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together berbantu Media Tutup Botol untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (Kajian Pustaka).pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (Pendahuluan).pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III (Metode Penelitian).pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Surat Persetujuan Publikasi.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV (Hasil Penelitian).pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V (Penutup).pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Luar.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

Ni’mah, Zulfa Khoirun. 2024. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together berbantu Media Tutup Botol untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Restu Yulia Hidayatul Umah, M.Pd.
Kata Kunci : Model Numbered Head Together, media tutup botol, hasil belajar.

Rendahnya hasil belajar siswa kelas VI di MI Nurul Ihsan Madiun disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep dalam pelajaran matematika. Hal ini terlihat saat pembelajaran berlangsung, di mana beberapa siswa masih kurang memperhatikan materi, tidak fokus, dan kerap menyela penjelasan guru. Kondisi ini berdampak pada hasil belajar matematika siswa kelas VI di MI Nurul Ihsan Madiun, dengan KKM 70, hanya 40% atau 4 siswa yang berhasil mencapai nilai KKM, sedangkan 60% sisanya masih berada di bawah KKM. Dengan adanya model Numbered Head Together berbantu media tutup botol menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Karena dengan menggunakan model ini peserta didik menjadi lebih aktif untuk menemukan jawaban atas suatu permasalahan bersama-sama. Sedangkan media tutup botol digunakan karena media ini mudah ditemukan dimana-mana, melibatkan seluruh indra siswa sehingga meningkatkan pemahaman mereka dan pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dalam pembelajaran matematika materi operasi bilangan bulat negatif di kelas VI MI Nurul Ihsan Madiun (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas VI MI Nurul Ihsan Madiun menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together berbantu media tutup botol.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI MI Nurul Ihsan Madiun. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah dengan kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitain yang telah dilakukan, (1) Proses pembelajaran model Numbered Head Together berbantu media tutup botol dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dilihat dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I memperoleh persentase sebesar 91%, pada siklus II meningkat menjadi 97%. Sedangkan hasil aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase sebesar 86% meningkat pada siklus II sebesar 92%. (2) Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari hasil pra siklus yang persentase mulanya 66% mengalami peningkatan sebesar 9% pada siklus I menjadi 75%. Lalu mengalami kenaikan sebesar 17% dari siklus I, sehingga pada siklus II memperoleh persentase sebesar 92%. Peningkatan ini mencerminkan bahwa model Numbered Head Together berbantu media tutup botol dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa materi operasi bilangan bulat negatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jan 2025 01:57
Last Modified: 07 Jan 2025 01:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31930

Actions (login required)

View Item View Item