DAMPAK GAME ONLINE PADA PERILAKU SISWA: TINJAUAN DARI PERSEPSI GURU DAN ORANG TUA

Priyambodo, Ridzo (2024) DAMPAK GAME ONLINE PADA PERILAKU SISWA: TINJAUAN DARI PERSEPSI GURU DAN ORANG TUA. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Skripsi 203200227 Ridzo Priyambodo.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Priyambodo, Ridzo. 2024. Dampak Game Online pada Perilaku siswa: tinjauan dari Persepsi Orang Tua dan Guru. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Restu Yulia Hidayatul Umah, M.Pd.

Kata Kunci: Perilaku, Game Online, Persepsi Orang Tua dan Guru
Era 5.0 yang modern sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi, yang membawa dampak positif dan negatif bagi masyarakat. Game online, sebagai salah satu aspek teknologi, menjadi populer di kalangan peserta didik. Game online dapat meningkatkan keterampilan motorik, konsentrasi, dan kemampuan analisis. Game online merupakan permainan berbasis digital yang dimainkan melalui jaringan internet, memungkinkan interaksi antara pemain dari berbagai lokasi secara real-time. Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas game online meningkat pesat di kalangan peserta didik MI/SD terutama di MI Ma’arif Singosaren Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan persepsi guru tentang perilaku peserta didik Madrasah Ibtida’iyah yang bermain game online. (2) Mendeskripsikan persepsi orang tua tentang perilaku peserta didik Madrasah Ibtida’iyah yang bermain game online.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berjenis studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian ini memiliki dua pandangan terhadap perilaku peserta didik yang bermain game online yaitu sebagai berikut: (1) Guru di MI Ma’arif Singosaren Ponorogo memiliki dua persepsi terkait perilaku peserta didik terhadap game online: yaitu perilaku positif dan perilaku negatif. Beberapa guru menganggap game online dapat mengganggu konsentrasi, menurunkan motivasi belajar, serta menyebabkan perilaku kurang disiplin dan kecanduan. Namun, mereka juga melihat potensi positif game online sebagai alat untuk meningkatkan cara berpikir, pemecahan masalah, kerjasama tim, serta meningkatkan keterampilan dan kreativitas, sebagai media pembelajaran bahasa asing tergantung pada cara peserta didik memainkannya. (2) Orang tua di MI Ma’arif Singosaren Ponorogo memiliki dua persepsi terhadap perilaku peserta didik terkait game online. Di satu sisi, mereka melihat manfaat sosiologis, seperti pengembangan keterampilan berpikir kritis, dan meningkatkan koordinasi tangan dan mata, serta penambahan teman. Di sisi lain, orang tua khawatir tentang dampak negatifnya, seperti gangguan pola tidur, perilaku agresif, kecanduan, dan kurangnya interaksi sosial langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jan 2025 01:35
Last Modified: 03 Jan 2025 01:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31928

Actions (login required)

View Item View Item