Efektivitas Ice Breaking Pesan Berantai untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa kelas VII pada Materi Kegiatan Ekonomi di SMP Negeri 2 Jetis

Wahyuni, Dewi Tri (2024) Efektivitas Ice Breaking Pesan Berantai untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa kelas VII pada Materi Kegiatan Ekonomi di SMP Negeri 2 Jetis. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DEWI TRI WAHYUNI-208200061.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Wahyuni, Dewi Tri. 2024. Efektivitas Ice Breaking Pesan Berantai untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Kegiatan Ekonomi di SMP Negeri 2 Jetis. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Risma Dwi Arisona, M.Pd.
Kata Kunci: Ice Breaking Pesan Berantai, Kegiatan Ekonomi, Minat Belajar
Siswa yang kurang dalam memperhatikan penjelasan guru, kurang terlibat dalam diskusi dan enggan untuk berpartisipasi mengakibatkan kurang berhasilnya hasil belajar. Selama pembelajaran berlangsung siswa asik bermain sendiri beberapa siswa juga asik melamun dan sangat kaku dalam mengikuti pembelajaran, sehingga penjelasan materi dari guru sulit untuk dipahami dan dimengerti. Hal tersebut karena kurang minatnya siswa dalam belajar. Adapun faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa yaitu faktor Internal siswa dan faktor eksternal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa kelas eksperimen setelah diberikan ice breaking pesan berantai kemudian untuk mengetahui minat belajar siswa kelas kontrol yang tidak diberikan ice breaking pesan berantai dan untuk mengetahui apakah ice breaking pesan berantai efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Jetis ponorogo dengan populasi kelas VII dan sampel diambil dari seluruh populasi dengan jumlah 61 siswa. Jumlah siswa kelas eksperimen 31 siswa dan jumlah siswa kelas kontrol 30 siswa. Kelas eksperimen diberikan teknik ice breaking pesan berantai, sedangkan kelas kontrol tidak diberikan. Teknik pengumpulan data dengan kuisoner/angket. Analisis data rumusan masalah menggunakan uji Independent Sample T Test dan uji Effect size cohen’s d.
Hasil penelitian menunjukan minat belajar siswa kelas eksperimen 12,9% yang termasuk dalam kategori tinggi, 74,2% minat belajar siswa dalam kategori sedang dan 12,9% minat belajar siswa dalam kategori rendah. Sedangkan minat belajar siswa pada kelas kontrol yang tidak diberikan ice breaking pesan berantai dalam kategori tinggi terdapat 13,3% siswa, dengan kategori sedang terdapat 63,4% dan dengan kategori rendah terdapat 23,3%. Berdasarkan uji independent sample t test, penerapan ice breaking pesan berantai mempengaruhi minat belajar siswa kelas VII pada materi kegiatan ekonomi dengan hasil nilai signifikansi lebih kecil dari pada 0,05 yaitu 0,004 (0,004 < 0,05), sehingga memiliki kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, ice breaking pesan berantai efektif untuk meningkatkan minat belajar. Besaran perbedaan yang didapatkan yaitu 0,76 yang menunjukkan hasil termasuk dalam kategori sedang cenderung tinggi menggunakan uji cohen’s d, dengan kesimpulan bahwa ice breaking pesan berantai efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Dec 2024 02:19
Last Modified: 30 Dec 2024 02:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31920

Actions (login required)

View Item View Item