..( LAMPIRKAN SURAT PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOUD ULANG).. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Kelas VII Di MTs Darussalam Ketandan

Utomo, Amirul Azfar (2024) ..( LAMPIRKAN SURAT PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOUD ULANG).. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Kelas VII Di MTs Darussalam Ketandan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AMIRUL AZFAR 208200052 .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimulai dengan pengamatan bahwa pemahaman konsep siswa di MTs Darussalam Ketandan, khususnya dalam pelajaran IPS mengenai keragaman sosial budaya, masih rendah. Ditemukan bahwa metode pengajaran yang diterapkan di madrasah tersebut kurang interaktif dan tidak relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Mengingat tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran, penelitian ini mengidentifikasi perlunya penerapan model pembelajaran yang lebih efektif, seperti model pembelajaran inkuiri terbimbing.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) mengidentifikasi apakah model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa di mts darussalam ketandan; (2) menganalisis pemahaman konsep siswa pada materi keragaman sosial budaya di masyarakat, serta untuk mengevaluasi dampak dari penerapan model pembelajaran tersebut terhadap hasil belajar siswa.
Adapun dalam penelitian ini dirancang mrnggunakan metode kuantitatif dengan bentuk desain kuasi dengan menggunakan kelas kontrol dan eksperimen. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan pre-test dan post-test. Partisipan penelitian berasal dari peserta didik kelas VII A dan VII B di MTs Darussalam Ketandan Dagangan Madiun yang dipilih dengan teknik sampel jenuh. Data hasil penelitian kemudian di olah dengan data statistic dan inferensial meliputi Uji normalitais, uji homogenitas, dan uji t dengan bantuan SPSS
Berdasarkan hasil analisa data ditemukan bahwa (1) Pemahaman konsep siswa di MTs Darussalam Ketandan pada materi keragaman sosial budaya menunjukkan bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam mengaitkan konsep yang dipelajari dengan pengalaman sehari-hari mereka. Namun, dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing, siswa dapat lebih memahami dan mengaitkan materi keragaman sosial budaya dengan konteks kehidupan mereka. Penelitian ini menemukan bahwa setelah penerapan model tersebut, pemahaman siswa terhadap materi keragaman sosial budaya meningkat, dan mereka lebih mampu menjelaskan dan mendiskusikan konsep-konsep yang diajarkan. (2) model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa di MTs Darussalam. Siswa yang diajarkan dengan model ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep dibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan metode konvensional. Analisis statistik menunjukkan bahwa perbedaan ini adalah signifikan, yang mengindikasikan bahwa model inkuiri terbimbing berhasil dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Dec 2024 01:30
Last Modified: 30 Dec 2024 01:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31917

Actions (login required)

View Item View Item