Wibawanti, Rizma Aurellia (2024) Strategi Pembelajaran Guru IPS Dalam Menumbuhkan Kepekaan Sosial Dan Rasa Tanggung Jawab Siswa SMP Negeri 1 Dolopo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
208200036_RIZMA AURELLIA WIBAWANTI_TADRIS IPS.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan bagian integral yang harus di bangun, agar generasi muda memiliki sikap dan pola pikir yang berlandasan moral yang kokoh dan benar. Strategi pembelajaran guru sangat diperlukan bukan hanya sebagai pelatih akademik, tetapi juga sebagai korektor, dan pembimbing karakter siswa apalagi di era globalisasi saat ini banyak berdampak pada siswa. Terutama guru IPS yang tugasnya adalah mendorong kepekaan sosial dan rasa tanggung jawab pada siswa. Dengan adanya pendidikan, siswa diharapkan mendapatkan bakal pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang sudah seharusnya dimiliki oleh siswa.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan (1) strategi guru IPS dalam menumbuhkan kepekaan sosial (2) strategi guru IPS dalam menumbuhkan rasa tanggung jawab siswa (3) faktor yang mempengaruhi strategi guru IPS dalam menumbuhkan kepekaan sosial dan rasa tanggung jawab siswa SMP Negeri 1 Dolopo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles, Huberman, dan Saldana meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, (1) Strategi Guru IPS Dalam Menumbuhkan Kepekaan Sosial Siswa SMP Negeri 1 Dolopo, adalah dengan penerapan metode pembelajaran yang variatif, pemberian tugas kelompok, penanaman nilai sosial, pembiasaan sikap, penerapan hukuman edukatif (2) Strategi guru IPS dalam menumbuhkan rasa tanggung jawab siswa SMP Negeri 1 Dolopo, dengan cara pemberian hukuman kepada siswa, pemberian tugas rumah pada siswa, peminjaman barang pembelajaran (3) Faktor Yang Mempengaruhi Strategi Guru IPS Dalam Menumbuhkan Kepekaan Sosial dan Rasa Tanggung Jawab Siswa SMP Negeri 1 Dolopo, ialah : a). Faktor Pendukung, dengan adanya lingkungan belajar yang aman dan nyaman, peraturan sekolah yang harus ditaati, peran guru dalam menumbuhkan kepekaan sosial dan rasa tanggung jawab siswa, sarana prasarana yang memadai, dan kerjasama antar masyarakat sekolah. b). Faktor Penghambat, dengan adanya guru yang masih terlambat, siswa yang bermalas-malasan, siswa yang masih membuang sampah sembarangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Khoirun Nikmah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 01:40 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 01:40 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31913 |
Actions (login required)
View Item |