Fitri, Rahmadania (2024) Konsep Pendidikan Akhlak dalam Kitab Waṣāyā Al-Abā’ Li Al-Abna’ serta Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak Kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI RAHMADANIA FITRI ETESIS.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Fitri, Rahmadania. 2024. Konsep Pendidikan Akhlak dalam Kitab Waṣāyā Al-Abā’ Li Al-Abnā’ serta Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak Kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Zeni Murtafiati Mizani, M.Pd.I.
Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Syaikh Muhammad Syakir Al-Iskandari Waṣāyā Al-Abā’ Li Al-Abnā’, Materi Akidah Akhlak
Akhlak merupakan cerminan diri seseorang, semakin baik akhlak seseorang maka semakin baik pula keimanannya, begitupun sebaliknya. Mengingat banyaknya peristiwa yang membuktikan kerisinya akhlak. Kitab Waṣāyā Al-Abā’ Li Al-Abnā’ merupakan kitab yang berisi tentang pendidikan akhlak yang mudah untuk difahami. Oleh sebab itu, dirasa perlu untuk diteliti mengenai bagaimana konsep pendidikan akhlak dalam kitab Waṣāyā Al-Abā’ Li Al-Abnā’ kemudian dikaitkan dengan materi Akidah Akhlak kelas 3 MI.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan konsep pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Waṣāyā Al-Abā’ Li Al-Abnā’; 2) Mendeskripsikan relevansi antara pendidikan akhlak dalam kitab Waṣāyā Al-Abā’ Li Al-Abnā’ dengan materi Akidah Akhlak kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (library research) di mana penelitian ini mengumpulkan data atau karya tulis ilmiah yang bertujuan dengan objek penelitian atau telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Adapun sumber utama dalam penelitian ini adalah kitab Waṣāyā Al-Abā’ Li Al-Abnā’ dan Modul Ajar Akidah Akhlak Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah. Adapun sumber-sumber pendukungnya adalah buku-buku yang berkaitan dengan materi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) konsep pendidikan akhlak dalam kitab Waṣāyā Al-Abā’ Li Al-Abnā’ meliputi: (a) Akhlak terhadap Allah SWT yaitu bertakwa, bertaubat, bersabar, bertawakal, bersyukur, khauf; (b) akhlak terhadap Rasulullah yaitu mentaati Rasulullah Saw; (c) Akhlak terhadap diri sendiri yaitu tawadhu’, jujur, amanah, dan ‘iffah; (d) Akhlak terhadap orang tua yaitu mentaati orang tua dan tidak durhaka kepada keduanya; (e) Akhlak terhadap guru yaitu menghormati guru; (f) Akhlak terhadap teman yaitu menghormati teman; (g) Akhlak terhadap orang lain atau masyarakat yaitu berkata sopan dan halus ketika sedang berbicara dan memberi salam saat bertemu. (2) Relevansi akhlak dalam kitab Waṣāyā Al-Abā’ Li Al-Abnā’ dengan Materi Pelajaran Akidah Akhlak Kelas 3 di MI, yaitu (a) Akhlak terhadap Allah SWT yaitu mengenal asmāul husna dan bersyukur; (b) Akhlak terhadap Rasulullah yaitu mentaati Rasulullah Saw; (c) Akhlak terhadap orang tua yaitu taat kepada orang tua dan tidak durhaka kepada keduanya; (d) Akhlak terhadap guru yaitu hormat dan patuh terhadap guru; (e) Akhlak terhadap masyarakat yaitu adab terhadap tetangga.
ABSTRACT
Fitri, Rahmadania. 2024. The Concept of Moral Education in the Book of Waṣāyā Al-Abāi Lil Abnāi and its Relevance to Grade 3 Moral Creed Material at Madrasah Ibtidaiyah. THESIS. Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Ponorogo State Islamic Institute. Supervisor: Zeni Murtafiati Mizani, M.Pd.I.
Keywords: Moral Education, Shaykh Muhammad Syakir Al-Iskandari Waṣāyā Al-Abāi Lil Abnāi, Moral Creed Material
Morals are a reflection of a person, the better a person's morals, the better their faith, and vice versa. Given the many events that prove the kerisi morals. The book Waṣāyā Al-Abā' Li Al-Abnā' is a book that contains moral education that is easy to understand. Therefore, it is necessary to study how the concept of moral education in the book Waṣāyā Al-Abā' Li Al-Abnā' is then linked to the material of Akidah Akhlak class 3 MI. This study aims to 1) Describe the concept of moral education contained in the book Waṣāyā Al-Abā' Li Al-Abnā'; 2) Describe the relevance between moral education in the book Waṣāyā Al-Abā’ Li Al-Abnā’ with the material of Akidah Akhlak for grade 3 in Madrasah Ibtidaiyah.
This research is a research with a qualitative approach. The type of research used is library research where this research collects data or scientific papers that aim with the object of research or review carried out to solve a problem that is basically based on a critical and in-depth review of relevant library materials. The main sources in this study are the book Waṣāyā Al-Abā’ Li Al-Abnā’ and the Akidah Akhlak Teaching Module for Grade 3 Madrasah Ibtidaiyah. The supporting sources are books related to the material.
The results of this study indicate that (1) the concept of moral education in the book Waṣāyā Al-Abā’ Li Al-Abnā’ includes: (a) Morals towards Allah SWT, namely being pious, repenting, being patient, relying on Allah SWT, being grateful, and having faith; (b) Morals towards the Messenger of Allah, namely obeying the Messenger of Allah SAW; (c) Morals towards oneself, namely being humble, honest, trustworthy, and ‘iffah; (d) Morals towards parents, namely obeying parents and not being disobedient to them; (e) Morals towards teachers, namely respecting teachers; (f) Morals towards friends, namely respecting friends; (g) Morals towards other people or society, namely speaking politely and gently when speaking and greeting when meeting. (2) The relevance of morals in the book Waṣāyā Al-Abā’ Li Al-Abnā’ with the Class 3 Islamic Creed and Ethics Subject Material at MI, namely (a) Morals towards Allah SWT, namely knowing the Asmāul Husana and being grateful; (b) Morals towards the Messenger of Allah, namely obeying the Messenger of Allah SAW; (c) Morals towards parents, namely being obedient to parents and not being disobedient to both of them; (d) Morals towards teachers, namely respecting and obeying teachers; (e) Morals towards society, namely being polite to neighbors.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Zeni Murtafiati Mizani |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 01:36 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 01:36 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31897 |
Actions (login required)
View Item |