Putri Arifah, Aisyah (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Radec (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Ips Terpadu Siswa Smpn 1 Jenangan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI_208200048_AisyahPutri.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Arifah, Aisyah Putri. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPS Terpadu Siswa SMPN 1 Jenangan. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institute Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Aristiawan, M. Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran RADEC, Keterampilan Berpikir Kritis, Pembelajaran IPS Terpadu.
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan salah satu bidang pengetahuan dari disiplin ilmu yang memiliki hubungan erat dengan kehidupan sosial dan yang mencakup Pelajaran Sejarah, ekomoni, geografi dan sosiologi. Selama proses pembelajaran berlangsung dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di kelas yang diperoleh melalui penerapan model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang cocok digunakan sesuai dengan kondisi pendidikan di Indonesia saat ini yang diciptakan oleh Soepandi yaitu model pembelajaran RADEC. Sintaks yang mudah di pahami peserta didik selama menggunakan model pembelajaran yaitu Read, Answer, Discuss, Explain, and Create. Model pembalajaran RADEC dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung di kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Untuk mengetahui keterlaksanaan sintaks model pembalajaran RADEC; 2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan model pembalajaran RADEC; dan 3) Untuk mengetahui efektivitas model pembalajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII dalam pembelajaran IPS terpadu.
Pada penelitian ini menggunakan teknik penelitian kuantitatif dalam bentuk quasy eksperimen yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa instrument tes berbentuk essay yang berjumlah 10 soal dan observasi terhadap keterlaksanaan dan aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran di kelas. Sampel data yang digunakan peneliti yaitu kelas VII E dan kelas VII F yang masing-masing kelas berjumlah 25 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dari hasil analisis tersebut kemudian dianalisis menggunakan uji statistik Mann Whitney yang diolah dengan SPSS.
Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa keterlaksanaan sintaks model pembelajaran RADEC dan aktivitas siswa selama pembelajaran dapat berjalan dengan baik dengan adanya observasi yang telah dilakukan observer terhadap peneliti. Maka model pembelajaran RADEC ini efektiv terhadap keterampilan berpikir kritis siswa selama pembelajaran IPS pada kelas VII SMPN 1 Jenangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Aristiawan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 01:41 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 01:41 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31896 |
Actions (login required)
View Item |