Mustafidah, Dina Nur (2024) Manajemen Program Pengembangan Potensi Dan Kreatifitas Siswa Di Madrasah Aliyah Al-Falah Karangrejo Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI_DINA_NUR_MUSTAFIDA_MPI_.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Manajemen memiliki pengertian suatu proses pengelolaan peserta didik untuk menggapai tujuannya, dengan tindakan yang efektif dan efesien dengan waktu yang ditetukan sebelumnya. Secara etiminologi manajemen berasal dari bahasa Inggris 'manage' atau 'magiare', yang artinya melatih kuda untuk melangkahkan kakinya. Dalam kegiatan manajemen ada 2 makna yaitu, kegiatan mikir dan kegiatan tindak laku atau biasa disebut mind and action. Manajemen kesiswaan sendiri adalah Mengatur semua siswa dari pendaftaran hingga kelulusan. Manajemen kesiswaan merujuk pada fase penerimaan peserta didik, pengelolaan selama proses pembelajaran, hingga status alumni setelah menyelesaikan pendidikan. Dapat disimpulkan bahwa manajemen kesiswaan melibatkan pengaturan komprehensif terhadap peserta didik, mencakup tahap input, output, proses, hingga hasil dari proses pendidikan tersebut.
Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan dan menganalisis program pembagunan potensi dan kreatifitas siswa melalui (1). Perencanaan Program; (2). Pelaksanaan Program; dan (3). Evaluasi Program Pengembangan Potensi dan Kreativitas Siswa di Madrasah Aliyah Al-Falah Karangrejo Pacitan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang tujuannya ialah untuk memahami serta menjelaskan fenomena sosial secara mendalam dengan menggunakan berbagai metode dan disampaikan dalam bentuk naratif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif di mana data dikumpulkan melalui sumber data primer dan sekunder, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus yang bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif dan rinci terkait subjek penelitian, seperti program, peristiwa, aktivitas, dan sebagainya.
Hasil penelitiannya adalah (1). Perencanaan dalam upaya peningkatan manajemen program pengembangan potensi dan kreativitas siswa di Madrasah Aliyah Al-Falah dilakukan melalui tahapan pengamatan aspek pendukung sebagai langkah awal perencanaan, menentukan tujuan untuk menyusun perencanaan, persiapan program yang benar benar matang agar hasil maksimal, dan menentukan penanggungjawab/ koordinator setiap program; (2). Pelaksanaan manajemen program pengembangan potensi dan kreativitas siswa di Madrasah Aliyah Al-Falah diawali dengan menetapkan koordinator pada setiap program, melaksanakan program sesuai jadwal yang ditetapkan, dan menggali kreativitas siswa; (3). Evaluasi manajemen program pengembangan bakat dan kecerdasan siswa di Madrasah Aliyah Al-Falah dialukan melalui evaluasi secara berkala tiap semester, evaluasi dikelas oleh siswa dan ketua kelas, dan evaluasi menyeluruh oleh seluruh pengurus yayasan. Dengan adanya evaluasi tersebut lembaga dapat mengetahui peningkatan dan kurangnya program yang telah dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ahmad Sulton |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 00:57 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 00:57 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31890 |
Actions (login required)
View Item |