Identifikasi Prokrastinasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas V Di SD Negeri Tulung 02 Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur

Anjani, Nuriati (2024) Identifikasi Prokrastinasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas V Di SD Negeri Tulung 02 Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203200080_NURIATI ANJANI_PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI)docx.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Prokrastinasi merupakan salah satu perilaku yang tidak efisien dalam penggunaan waktu dan adanya kecenderungan untuk tidak segera memulai pekerjaan ketika menghadapi tugas yang telah diberikan. Kurangnya pengaturan manajemen waktu bagi seorang siswa menyebabkan tidak bisa membedakan mana hal yang lebih penting dan kurang penting. Hal ini yang menyebabkan siswa memilih melakukan prokrastinasi.Avoidance procrastination merupakan tindakan menunda tugas dengan sengaja dan terlihat secara nyata.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) bagaimana bentuk avoidance procrastination dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V di SDN Tulung 02, dan 2) untuk mendeskripsikan mekanisme avoidance procrastination dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas 5 SDN Tulung 02.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Sumber data dan wawancara dalam penelitian ini yaitu siswa. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan teknik interaktif menurut Huberman dan Miles. Meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Berdasakan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Bentuk evoidance procrastination pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V terjadi karena keinginan siswa untuk menunda tugas dan lebih memilih prioritas lain seperti bermain, mengobrol dan menyontek saat jam pelajaran bahasa Indonesia sedang berlangsung, (2) Keinginan untuk menunda-nunda tugas yang telah diberikan membuat siswa memiliki mekanisme tersendiri saat melakukan evoidance procrastination seperti proses menyontek,cara mereka mengobrol dan bermain tanpa ketahuan oleh guru. Kurangnya pemahaman manajemen waktu membuat siswa kurang menyadari kapan seharusnya waktu untuk belajar dan bermain terutama saat sedang dalam proses belajar mengajar.

Kata Kunci: Prokrastinasi, Avoidance Procrastination, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Weni Tria Anugrah Putri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Dec 2024 00:50
Last Modified: 23 Dec 2024 00:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31888

Actions (login required)

View Item View Item