Rahayu, Dila Sri (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning dengan Alat Peraga Langsung untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika di MIN 2 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
203200029_DILA SRI RAHAYU_PGMI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Rahayu, Dila Sri. 2024. Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning dengan Alat Peraga Langsung untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika di MIN 2 Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: M. Fathurahman, M.Pd.I.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning dengan Alat Peraga Langsung, Kemampuan Metakognisi.
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki peran penting dalam proses metakognisi atau cara berpikir siswa untuk memecahkan suatu permasalahan. Adapun salah satu kendala yang menyebabkan rendahnya kemampuan metakognisi siswa dan kurang berhasilnya proses pembelajaran ialah guru masih kurang kreatif dan inovatif dalam menerapkan model pembelajaran yang menarik. Upaya untuk mengatasi hal tersebut, peneliti melakukan penelitian terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning dengan alat peraga langsung.
Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching Learning dengan alat peraga langsung untuk meningkatkan kemampuan metakognisi siswa dalam pembelajaran matematika; 2) mengetahui kemampuan metakognisi siswa dalam penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning dengan alat peraga langsung pada pembelajaran matematika; 3) mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning dengan alat peraga langsung ntuk meningkatkan kemampuan metakognisi siswa pada pembelajaran matematika.
Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimental dengan desain pretest-posttest control group design. Pengambilan data dilakukan dengan observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes. Sampel penelitian ini yaitu kelas VB sebagai kelas kontrol dan kelas VE sebagai kelas eksperimen. Data penelitian diolah dan dilakukan uji hipotesis berupa uji Independent t Test dan uji N-gain.
Hasil Penelitian ini yaitu (1) Pelaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching Learning dengan alat peraga langsung pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua terlaksana secara runtut mulai dari tahap kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup dari pertemuan pertama sampai pertemuan kedua. Persentase pelaksanaan pembelajaran sebesar 96,2% dengan kategori sangat baik.(2) kemampuan metakognisi pada pre-test memiliki rata-rata sebesar 60,74 sedangkan pada post-test sebesar 85,11. (3) Berdasarkan uji Independent T-Test menunjukkan bahwa nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat dinyatakan H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya ada perbedaan kemampuan metakognisi matematika pada kelas kontrol dan eksperimen. Kemudian hasil nilai uji N-gain persen rata-rata nilai kelas eksperimen yaitu sebesar 61% dengan kategori cukup efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | M. Fathurahman |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 08:37 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 08:37 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31882 |
Actions (login required)
View Item |