Septiani, Lailatul (2024) Pengaruh Kepercayaan Diri dan Komunikasi Interpersonal terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik di MI Alkarim Senggowar Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
203200054_LAILATUL SEPTIANI_PGMI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Septiani, Lailatul. 2024. Pengaruh Kepercayaan Diri dan Komunikasi
Interpersonal terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik di MI Alkarim
Senggowar Nganjuk. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam
Negeri Ponorogo. Pembimbing : Dr. Hj. Elfi Yuliani Rochmah, M. Pd. I
Kata kunci : Kepercayaan Diri, Komunikasi Interpersonal, Keaktifan Belajar
Keaktifan peserta didik ialah suatu pembelajaran aktif yang mengajak siswa
untuk belajar aktif. Siswa yang aktif dapat menemukan ide dari materi
pembelajaran, memecahkan masalah atau menerapkan apa yang diberikan guru
dalam proses pembelajaran. Dari hasil observasi yang dilakukan di MI Alkarim
Senggowar, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran di kelas dirasa masih
kurang karena beberapa siswa cenderung pasif, tidak merespon materi yang
diberikan guru, contohnya ketika guru memberikan pertanyaan kepada siswa, siswa
hanya diam dan tidak menjawab pertanyaan tersebut. Selain itu, siswa tidak yakin
pada kemampuan yang dimiliki oleh dirinya sendiri, padahal jika dilihat siswa
tersebut mempunyai kemampuan bahwa sebenarnya ia itu bisa namun mempunyai
rasa takut ketika siswa berpendapat, maka dari itu muncul sikap kurang percaya diri
siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis 1) pengaruh
kepercayaan diri terhadap keaktifan belajar di MI Alkarim Senggowar; 2) pengaruh
komunikasi interpersonal terhadap keaktifan belajar di MI Alkarim Senggowar; 3)
Pengaruh kepercayaan diri peserta didik dan komunikasi interpersonal tehadap
keaktifan belajar di MI Alkarim Senggowar
Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kuantitatif jenis expost�facto. Pengambilan data dilakukan melalui angket dan observasi. Sampel penelitian
berasal dari peserta didik MI Alkarim Senggowar Nganjuk. Subjek penelitian
berasal dari kelas V MI Alkarim Senggowar Nganjuk, kemudian data hasil
penelitian dianalisis menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Uji asumsi
klasik meliputi : 1) Uji Normalitas, 2) Uji Heterokadisitas, 3) Uji Multikolinieritas,
dan 4) Uji Linieritas. Sedangkan uji hipotesis meliputi Regresi Sederhana dan
Regresi Berganda.Hasil data yang telah diolah kemudian divisualisasikan dengan
bantuan SPSS ver 21.
Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa: 1) kepercayaan diri memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas V MI
Alkarim Senggowar Nganjuk diperoleh tingkat signifikansi terhadap keaktifan
belajar 0,001 < 0,05 menunjukkan adanya pengaruh sebesar 21,6% ; 2) komunikasi
interpersonal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keaktifan belajar peserta
didik kelas V MI Alkarim Senggowar Nganjuk diperoleh tingkat signifikansi
terhadap keaktifan belajar 0,010 < 0,05 menunjukkan adanya pengaruh sebesar
12,7%; 3) kepercayaan diri dan komunikasi interpersonal memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas V di MI Alkarim
Senggowar Nganjuk diperoleh tingkat signifikansi terhadap keaktifan belajar 0,001
< 0,05 menunjukkan adanya pengaruh sebesar 24,1%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Elfi Yuliani Rochmah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 00:53 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 00:53 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31879 |
Actions (login required)
View Item |