Septiani, Lailatul (2024) ...(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Kepercayaan Diri dan Komunikasi Interpersnal terhadap Keaktifan belajar Peserta Didik di MI Alkarim Senggowar Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
Full text not available from this repository.Abstract
Keaktifan peserta didik ialah suatu pembelajaran aktif yang mengajak siswa untuk belajar aktif. Siswa yang aktif dapat menemukan ide dari materi pembelajaran, memecahkan masalah atau menerapkan apa yang diberikan guru dalam proses pembelajaran. Dari hasil observasi yang dilakukan di MI Alkarim Senggowar, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran di kelas dirasa masih kurang karena beberapa siswa cenderung pasif, tidak merespon materi yang diberikan guru, contohnya ketika guru memberikan pertanyaan kepada siswa, siswa hanya diam dan tidak menjawab pertanyaan tersebut. Selain itu, siswa tidak yakin pada kemampuan yang dimiliki oleh dirinya sendiri, padahal jika dilihat siswa tersebut mempunyai kemampuan bahwa sebenarnya ia itu bisa namun mempunyai rasa takut ketika siswa berpendapat, maka dari itu muncul sikap kurang percaya diri siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis 1) pengaruh kepercayaan diri terhadap keaktifan belajar di MI Alkarim Senggowar; 2) pengaruh komunikasi interpersonal terhadap keaktifan belajar di MI Alkarim Senggowar; 3) Pengaruh kepercayaan diri peserta didik dan komunikasi interpersonal tehadap keaktifan belajar di MI Alkarim Senggowar
Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kuantitatif jenis expost-facto. Pengambilan data dilakukan melalui angket dan observasi. Sampel penelitian berasal dari peserta didik MI Alkarim Senggowar Nganjuk. Subjek penelitian berasal dari kelas V MI Alkarim Senggowar Nganjuk, kemudian data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Uji asumsi klasik meliputi : 1) Uji Normalitas, 2) Uji Heterokadisitas, 3) Uji Multikolinieritas, dan 4) Uji Linieritas. Sedangkan uji hipotesis meliputi Regresi Sederhana dan Regresi Berganda.Hasil data yang telah diolah kemudian divisualisasikan dengan bantuan SPSS ver 21.
Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa: 1) kepercayaan diri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas V MI Alkarim Senggowar Nganjuk diperoleh tingkat signifikansi terhadap keaktifan belajar 0,001 < 0,05 menunjukkan adanya pengaruh sebesar 21,6% ; 2) komunikasi interpersonal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas V MI Alkarim Senggowar Nganjuk diperoleh tingkat signifikansi terhadap keaktifan belajar 0,010 < 0,05 menunjukkan adanya pengaruh sebesar 12,7%; 3) kepercayaan diri dan komunikasi interpersonal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas V di MI Alkarim Senggowar Nganjuk diperoleh tingkat signifikansi terhadap keaktifan belajar 0,001 < 0,05 menunjukkan adanya pengaruh sebesar 24,1%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Elfi Yuliani Rochmah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 00:51 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 00:51 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31878 |
Actions (login required)
View Item |