Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agam Islam di SMPN 2 Slahung

Syah, Wildan Firman Syah (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agam Islam di SMPN 2 Slahung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Muhammad Wildan FIrman Syah 206200167 MPI E.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Syah, Muhammad Wildan Firman. 2024. Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Slahung. Skripsi, Jurusan Manajemen
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Ponorogo. Pembimbing: Panggih Wahyu Nugroho, M.Pd.
Kata kunci/keywords : Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam.
Seiring berjalannya waktu sistem pendidikan di Indonesia terus mengalami perubahan
dengan tujuan untuk mewujudkan sistem pendidikan yang lebih berkualitas. Sistem
pendidikan di Indonesia mengacu pada Sistem Pendidikan Nasional, yaitu sistem
pendidikan yang akan membawa kemajuan, pembangunan nasional dan memberikan solusi
terhadap tantangan zaman yang selalu berubah. Hal ini sesuai dengan fungsi Pendidikan
Nasional dalam Undang-Undang NO. 20 Tahun 2003 Pasal 3 yaitu Pendidikan Nasional
berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang
bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan
menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui Bagaimana Implementasi
kurikulum Merdeka belajar dalam pembelajaran PAI di SMPN 2 Slahung. 2) mengetahui
apa saja kendala Implementasi kurikulum Merdeka belajar dalam pembelajaran PAI di
SMPN 2 Slahung. 3) mengetahui Bagaimana solusi yang diberikan untuk kendala yang ada
pada implementasi kurikulum Merdeka belajar dalam pembelajaran PAI di SMPN 2
Slahung.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif, yang bertujuan
untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang situasi dan peristiwa faktual dan
sistematis yang berkaitan dengan berbagai faktor, karakteristik, dan keterkaitan antar
fenomena. Studi ini berfokus pada eksplorasi aspek fundamental dari fenomena yang
diselidiki. Penelitian ini menyediakan data deskriptif dalam bentuk naskah, wawancara,
catatan lapangan, dokumen pribadi, catatan memo, dan dokumen lainnya .
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Penelitian tentang Implementasi Kurikulum
Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Slahung dapat
disimpulkan bahwa Persiapan implementasi Kurikulum Merdeka dimulai dari satuan
pendidikan yang mencakup persiapan material berupa buku dan perangkat pembelajaran
yang berkaitan dengan Kurikulum Merdeka. 2) implementasi Kurikulum Merdeka ini tidak
terlepas dari kendala-kendala seperti keterbatasan akses fasilitas pendidikan akibat letak
geografis sekolah yang jauh dari pusat kota, minimnya keterlibatan orang tua dalam
mendukung pendidikan anak, serta variasi kompetensi dasar siswa yang cukup beragam,
kurangnya pemahaman guru pada tahap awal penerapan kurikulum ini, yang menimbulkan
tantangan dalam menyesuaikan metode pengajaran yang sesuai dengan prinsip Kurikulum
Merdeka, kurangnya standar fasilitas yang ada. Sedangkan kendala dalam pembelajaran di
kelas yaitu; kurangnya pengalaman guru tentang Kurikulum Merdeka, serta media
pembelajaran kurang memadai. 3) Evaluasi untuk mengatasi kendala tersebut, SMPN 2
Slahung mengembangkan strategi kolaborasi antara guru dan orang tua untuk lebih
mendukung proses pembelajaran siswa di rumah. Guru juga memanfaatkan pendekatan
diferensiasi dalam pengajaran, menyesuaikan metode pembelajaran dengan gaya belajar dan
kebutuhan masing-masing siswa. Selain itu, para guru aktif mencari informasi dan
mengikuti pelatihan mandiri melalui platform digital untuk memperdalam pemahaman
terkait Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Panggih Wahyu Nugroho
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Dec 2024 02:54
Last Modified: 19 Dec 2024 02:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31873

Actions (login required)

View Item View Item