(...GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN/SCAN FULL SATU LEMBAR PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Efektivitas Penerapan Strategi Mind Mapping terhadap Daya Ingat Siswa Kelas 5 pada Pembelajaran IPAS di MIN 3 Ponorogo

Khoiriyah, Dwi Faidatul (2024) (...GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN/SCAN FULL SATU LEMBAR PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Efektivitas Penerapan Strategi Mind Mapping terhadap Daya Ingat Siswa Kelas 5 pada Pembelajaran IPAS di MIN 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203200030_DWI FAIDATUL KHOIRIYAH_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Begitu pentingnya penentuan strategi yang digunakan dalam proses pembelajaran. Namun faktanya, masih banyak ditemukan pembelajaran yang menyebabkan daya ingat siswa kurang baik dalam belajar. Sebagian besar siswa mengaku mengalami kelupaan materi dari bab pertama yang diajarkan minggu sebelumnya. Hal tersebut terjadi karena strategi mengajar yang digunakan tidak melibatkan sisi kreatif siswa atau otak kanan siswa sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik bagi siswa. Strategi dapat digunakan untuk meningkatkan daya ingat siswa dalam pembelajaran salah satunya yakni Mind Mapping yang mampu membantu otak dalam berpikir dengan teratur.
Tujuan penelitian pada penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan keterlaksanaan Strategi Mind Mapping pada Pembelajaran IPAS kelas 5 di MIN 3 Ponorogo. 2) Untuk mendeskripsikan Strategi Mind Mapping efektif terhadap daya ingat siswa Kelas 5 pada Pembelajaran IPAS di MIN 3 Ponorogo.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasy Eksperimental Design) dengan desain kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan mengadakan postest dan pretest. Teknik pengumpulkan data yang digunakan yaitu dengan observasi dan tes soal pilihan ganda.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan di MIN 3 Ponorogo maka diketahui kesimpulan pada penelitian ini yaitu, 1) Pembelajaran dengan strategi Mind Mapping dapat berjalan dengan baik sesuai dengan hasil perolehan skor keterlaksanaan Mind Mapping sebesar 95 dengan kategori sangat baik. 2) Strategi Mind Mapping dapat berpengaruh terhadap daya ingat siswa kelas 5 pada pembelajaran IPAS di MIN 3.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Dec 2024 01:52
Last Modified: 19 Dec 2024 01:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31871

Actions (login required)

View Item View Item