Nurcahyani, Sylvia (2024) Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Moral Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
203200114_SYLVIA NURCAHYANI_PGMI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Sylvia Nurcahyani. 2024.Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Moral Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Magetan.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut AgamaIslam Negeri Ponorogo. PembimbingDr. Basuki, M.Ag.
Kata Kunci: Pembelajaran Akidah Akhlak, Moral.
Perkembangan moral sangat diperlukan sekarang ini, yang dimana banyak siswa sekolah dasar yang mengalami degradasi moral. Pembelajaran Akidah akhlak merupakan pembelajaran yang membahas tentang moral atau akhlak pada manusia. Akhir-akhir ini banyak terjadi kekerasan yang dilakukan oleh siswa sekolah dasar yang dimuat dimedia sosial, yang dimana salah satu dari berita tersebut ada yang menggunakan senjata tajam. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut salah satunya yaitu, menggunakan pembelajaran Akidah Akhlak yang dimana diharapkan mampu untuk mengurangi masalah tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pembelajaran Akidah Akhlak dalam meningkatkan moral siswa kelas III di MIN 2 Magetan. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi.Analisis data yang dilakukan yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa : (1) Persiapan guru Akidah Akhlak sebelum pembelajaran berlangsung siswa kelas III di MIN 2 Magetan. Sebelum memulai pembelajaran guru akan membuat RPP, kalender pendidikan, rincian mingguan efektif, prota, promes, dan silabus. Selain itu, guru juga perlu menyiapkan bahan ajar, modul ajar, ataupun alat peraga jika dibutuhkan. (2) Pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak siswa kelas III di MIN 2 Magetan dimulai dengan salam, sebelum memulai pembelajaran guru memberikan pembiasaan yaitu jika masuk kelas memberikan motivasi kepada siswa, penyampaian materi, serta penugasan. (3) Penilaian Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Moral Siswa Kelas III MIN 2 Magetan. Penilaian yang dilakukan oleh guru akidah akhlak yaitu penilaian sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, serta keterampilan, yang dimana penilaian tersebut menjadi bukti bahwa pembelajaran akidah akhlak dapat memberikan dampak yang positif terhadap moral siswa kelas III.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Basuki |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 01:54 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 01:54 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31867 |
Actions (login required)
View Item |