Puspita, Ajeng (2024) Efektivitas Model Project Based Learning Berbantuan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Potensi Sumber Daya Alam di Indonesia Kelas VII MTsN 9 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI AJENG PUSPITA 208200049 WATERMAX.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Puspita, Ajeng. 2024. Efektivitas Model Project Based Learning Berbantuan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Potensi Sumber Daya Alam di Indonesia Kelas VII MTsN 9 Magetan. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Risma Dwi Arisona, M.Pd.
Kata Kunci: Project Based Learning, Flash Card, Kemampuan Berpikir Kritis
Kemampuan berpikir siswa dalam belajar sangatlah penting, oleh karena itu peneliti menggunakan model project based learning berbantuan media flash card yaitu mengharuskan siswa terlibat aktif dalam proses belajar dengan mengerjakan proyek berbantuan media flash card sebagai alat bantu agar siswa menguasai materi secara efektif agar mudah difahami dan menuntun pemikiran kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model project based learning berbantuan media flash card untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi potensi sumber daya alam di Indonesia.
Penelitian ini dilaksanakan dikelas VII MTsN 9 Magetan dengan menggunakan metode kuantitatif eksperimen yaitu quasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran project based learning berbantuan media flash card dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 9 Magetan yang berjumlah 65 siswa dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII A dan VII B dengan total 43 siswa. Instrumen tes kemampuan berpikir kritis siswa berupa 5 soal uraian. Penelitian menggunakan tes, dokumentasi dan observasi sebagai instrumen pengumpulan data. Perhitungan data menggunakan uji hipotesis berupa uji t dan uji N-Gain melalui program SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat efektivitas model project based learning berbantuan media flash card untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa materi potensi sumber daya alam di Indonesia mata pelajaran IPS kelas VII MTsN 9 Magetan. Berdasarkan hasil perhitungan uji t menunjukkan bahwa thitung 3,731 > ttabel 2.021 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Dilihat melalui nilai sig 0,001 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil uji N-Gain diperoleh sebesar 62,48%, dalam kategori cukup efektif dalam kegiatan pembelajaran, dapat disimpulkan bahwa model project based learning berbantuan media flash card efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa materi potensi sumber daya alam di Indonesia mata pelajaran IPS kelas VII MTsN 9 Magetan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Risma Dwi Arisona |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 01:29 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 01:29 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31854 |
Actions (login required)
View Item |