Khasanah, Intan Nurlailatul (2022) Analisis SWOT Pengembangan Unit Usaha Fotokopi ALMA Coper, Jetis, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
ANALISIS SWOT PENGEMBANGAN UNIT USAHA FOTOKOPI ALMA DI DESA COPER KECAMATAN JETIS KABUPATEN PONOROGO.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Seperti yang telah kita rasakan pada saat ini revolusi industri yang
menciptakan berkembangnya perusahan bisnis modern maupun lokal menyebabkan
perusahaan harus menghadapi pesaing yang ketat, tidak hanya menjual produk
dengan harga yang rendah namun keahlian dan kecermatan sangat dibutuhkan pada
saat ini. Dengan adanya strategi mampu memberikan pengaruh terhadap usaha yang
dijalankan baik dari segi pemasaran, promosi maupun pengembangan produk atau
jasa yang ditawarkan. Skripsi ini melaporkan hasil penelitian dengan rumusan
masalah:(1) Bagaimana analisis faktor internal (IFAS) oleh Fotokopi Al-
Mawaddah dalam pengembangan usaha? (2) Bagaimana analisis faktor eksternal
(EFAS) oleh Fotokopi AL-Mawaddah dalam pengembangan usaha? (3) Bagaimana
strategi pengembangan unit usaha berdasarkan hasil uji analisis SWOT di fotokopi
Al-Mawaddah?
Penelitian ini dilakukan secara kualitatif di Desa Coper Kecamatan Jetis
Kabupaten Ponorogo dengan prosedur pengumpulan data melalui, wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Pada penelitianan ini guna untuk mengetahui beberapa
faktor internal (IFAS) dan eksternal (EFAS) pada perusahaan atau unit usaha
fotokopi Al-Mawaddah menggunakan metode analisis SWOT dengan jumlah 15
responden yang dibagi sesuai kebutuhan penelitian. Serta jawaban dari responden
akan diolah dalam model perhitungan bobot skoring IFAS maupun EFAS dan
dirumuskan pada matriks SWOT untuk mendapatkan hasil uji analisis SWOT di
fotokopi Al-Mawaddah.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1)
Berdasarkan faktor internal (IFAS) yang dibahas, peneliti menarik kesimpulan
bahwa unit usaha ini memiliki rating 4,9 sedangkan dalam ketenagaahlian unit
usaha ini memiliki rating yang sangat rendah yaitu sebesar 2,0 yang mana unit usaha
dalam posisi normal. (2) Sedangkan dari segi eksternal perusahaan yang disusun
dalam faktor eksternal (EFAS) peneliti menarik kesimpulan menggunakan space
matriks yang diperoleh dari nilai skor rating faktor eksternal yang menghasilkan
sumbu horizontal 1,3 dan sumbu vertikal 1,5 dan diaplikasikan pada diagram
SWOT ditarik kesimpulan berdasarkan hasil analisis diagram SWOT FC ALMA
berada pada posisi romawi satu yang artinya perusahaan mempunyai peluang
perbedaan dengan usaha lain namun memiliki posisi perbaikan. (3) Pada poin ini
peneliti menarik kesimpulan menggunakan matrik SWOT yang menghasilkan
strategi yang cocok diterapkan pada unit usaha yang mana menghasilkan
penggabungan dari segi strategi Strength-Opportunity, strategi Weakness-
Opportunities, strategi Strenght-Threat dan strategi Weakness-Threats yang mana
menghasilkan evaluasi serta pendapat secara ilmiyah atau tidak dengan dugaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Husna Ni’matul Ulya |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Unnamed user with username fransiska |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 06:20 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 06:20 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31841 |
Actions (login required)
View Item |