Munfarida, Afifatu Zulfa (2022) Strategi Promosi Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabunganku Bagi Pelajar Di Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Afifatu Zulfa Munfarida_402180005_watermak.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Sebagai lembaga keuangan syariah, kegiatan usaha Bank Muamalat KCP
Madiun adalah menghimpun dana masyarakat kedalam bentuk simpanan, giro,
tabungan. Salah satu produk penghimpun dana yaitu produk TabunganKu, pada
produk TabunganKu mengalami kendala yaitu karena produk ini merupakan
produk dengan jumlah nasabah paling sedikit diantara produk tabungan yang lain
yang ada di Bank Muamalat KCP Madiun, dalam melakukan penjualan produk
ini, perlu adanya promosi yang tepat sehingga dapat meningkatkan jumlah
nasabah dari produk tersebut. Kemudian penelitian ini dilakukan untuk mengkaji
strategi promosi yang dilakukan pada produk TabunganKu.
Dalam penyusunan laporan ini, penulis menggunakan metode field
research, karena dalam melakukan pencarian data serta pengumpulan datanya
dilakukan ditempat terjadinya fenomena, atau kasus tertentu terjadi. Peneliti
menggunakan pendekatan kualitatif, karena penelitian ingin menghasilkan data
atau kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang yang diwawancarai maupun
diamati. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berasal dari hasil
wawancara.
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan, strategi
promosi yang dilakukan Bank Muamalat KCP Madiun pada produk TabunganKu
menggunakan periklanan (advertising), penjualan pribadi (personal selling).
Strategi periklanan (advertising) produk TabunganKu yang dilakukan Bank
Muamalat KCP Madiun, menggunakan sosial media seperti website, instagram,
dll. Dalam mempromosikan produk TabunganKu, Bank Muamalat KCP Madiun
sudah melakukan kegiatan periklanan (advertising) tetapi belum dilakukan secara
maksimal. Strategi penjualan pribadi (personal selling) produk TabunganKu yang
dilakukan oleh Bank Muamalat KCP Madiun sudah diterapkan, tetapi masih
mendatangi sekolah yang berbasis islami dan swasta. Dampak dari strategi
promosi ini nasabah menjadi meningkat walau hanya sedikit. Hambatan Bank
Muamalat KCP Madiun adalah kurangnya SDM yang menyebabkan pekerjaan
banyak yang tertunda. Dan tantangannya banyaknya pesaing, kurangnya
pemahaman masyarakat tentang produk yang dimiliki oleh bank dan bank lain
menawarkan jenis produk yang sama, bagi hasil persaingan margin yang
diberikan oleh para pesaing sesama bank syari’ah, lokasi kantor yang kurang
strategis karena banyaknya pesaing yang membuka usaha yang sama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ely Masykuroh |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Unnamed user with username fransiska |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 05:24 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 05:24 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31835 |
Actions (login required)
View Item |