Efektivitas Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbantuan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Rasional Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Jenangan.

Zahro, Addiliya Vida Dewi (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbantuan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Rasional Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Jenangan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ADDILIYA VIDA D.Z_207180071_TADRIS IPA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang terpusat pada guru
menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir rasional peserta
didik di SMP Negeri 1 Jenangan. Model pembelajaran yang
digunakan kurang bervariasi membuat peserta didik juga kurang
aktif dan minat belajar rendah yang berdampak pada
perkembangan kemampuan berpikir rasional. Oleh karena itu
perlu adanya perbaikan dalam proses pembelajaran. Salah
satunya dengan menggunakan model dan metode pembelajaran
yang inovatif yaitu menggunakan model pembelajaran Children
Learning In Science (CLIS) berbantuan mind mapping, karena
pembelajaran ini mengajak peserta didik untuk aktif dalam
mengembangkan ide maupun gagasannya sehingga diharapkan
mampu untuk mengembangkan kemampuan berpikir rasional
peserta didik.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui
keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran CLIS berbantuan mind mapping di SMP Negeri 1
Jenangan, 2) untuk mengetahui aktivitas siswa selama
penerapan model pembelajaran CLIS berbantuan mind mapping
di SMP Negeri 1 Jenangan, 3) untuk mengetahui apakah ada
perbedaan model pembelajaran CLIS berbantuan mind mapping
dengan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan
kemampuan berpikir rasional di SMP Negeri 1 Jenangan.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan
metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh
peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Jenangan. Sampel yang
digunakan dalam penelitian yaitu peserta didik kelas VIIF
sebagai kelas kontrol dan kelas VIIG sebagai kelas eksperimen.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes uraian dan
lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas
peserta didik, yang kemudian dianalisis secara deskriptif
kuantitatif dan uji statistik menggunakan uji- t two-tailed dan
uji-t one tailed.
Berdasarkan hasil penelitian, keterlaksanaan
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran
Children Learning In Science (CLIS) berbantuan Mind Mapping
dapat berjalan dengan baik diperoleh dari hasil rata-ratanya yaitu
4,7 yang tergolong kategori baik. Guru melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan sintaks dari model pembelajaran
Children Learning In Science (CLIS).
Berdasarkan hasil penelitian, aktivitas peserta didik yang
menggunakan model pembelajaran Children Learning In
Science (CLIS) berbantuan Mind Mapping berlangsung dengan
baik diperoleh dari hasil rata-ratanya yaitu 4,5 yang tergolong
kategori baik. Ini karena pembelajaran yang lebih terpusat pada
peserta didik dan bukan pada guru. Hasil analisis data melalui uji -t two tailed diketahui
bahwa nilai signifikansi sebesar 0,009. Karena nilai signifikansi
kurang dari 0,05 maka H0 ditolak sehingga ada perbedaan yang
signifikan antara model pembelajaran Children Learning In
Science (CLIS) berbantuan Mind Mapping dengan model non
CLIS berbantuan Mind Mapping. Kemudian berdasarkan uji -t
one tailed dihasilkan nilai P-Value sebesar 0,005. Karena nilai
P-Value kurang dari 0,05 maka H0 ditolak yang menunjukkan
kemampuan berpikir rasional peserta didik yang menggunakan
model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS)
berbantuan Mind Mapping lebih baik daripada yang
menggunakan model pembelajaran non CLIS berbantuan Mind
Mapping. Hasil ini juga diperkuat dari nilai Mean Difference
yaitu 8.67 yang bernilai positif. Dari hasil ini diketahui bahwa
model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS)
berbantuan Mind Mapping lebih baik dari model pembelajaran
non CLIS berbantuan Mind Mapping sehingga dapat dikatakan
model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS)
efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir rasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unnamed user with username fransiska
Date Deposited: 16 Dec 2024 05:21
Last Modified: 16 Dec 2024 05:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31834

Actions (login required)

View Item View Item