Efektivitas Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Pendekatan Scientific Literacy terhadap Keterampilan Presentasi Peserta Didik Kelas VIII MTs Darul Huda Ponorogo

Zahro, Lutfiyatuz (2021) Efektivitas Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Pendekatan Scientific Literacy terhadap Keterampilan Presentasi Peserta Didik Kelas VIII MTs Darul Huda Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
A5 LUTFIYATUZ ZAHRO WATERMARK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Di abad 21 ini manusia diharuskan untuk memiliki
beberapa keterampilan dan salah satunya adalah keterampilan
presentasi. Keterampilan presentasi merupakan keterampilan
yang sangat penting dan dituntut untuk ditaklukkan oleh
seseorang. Keterampilan presentasi ini bisa dilatih, salah
satunya melaui kegiatan belajar mengajar, yakni dengan
menerapkan model pembelajaran think talk write (TTW)
dengan pendekatan scientific literacy. Dengan model TTW ini
peserta didik terlibat aktif dalam kegiatan berpikir, berbicara,
dan menulis di mana kegiatan tersebut dilakukan berdasarkan
kelompok dan suatu permasalahan yang dihadapkan. Kegiatan
ini melatih peserta didik untuk berpikir dan membicarakan
bagaimana solusi yang akan diambil untuk menyelesaikan
suatu permasalahan yang dihadapi dan mampu untuk
mempresentasikannya didepan umum.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk (1)
mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan model
pembelajaran TTW dengan pendekatan scientific literacy, (2)
untuk mengetahui aktivitas peserta didik dalam pembelajaran
dengan model pembelajaran TTW dengan pendekatan scientific
literacy, (3) mengetahui efektivitas model pembelajaran TTW
dengan pendekatan scientific literacy dilihat dari keterampilan presentasi peserta didik. Selain itu adanya penelitian ini juga
dapat digunakan sebagai kajian bagi guru dalam melakukan
pembelajaran yang menarik dan meningkatkan motivasi belajar
peserta didik.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Seluruh
peserta didik kelas VIII MTs Darul Huda Ponorogo merupakan
populasi dalam penelitian ini. Sedangkan peserta didik kelas
VIII X dan VIII Y MTs Darul Huda Ponorogo merupakan
sampel dalam penelitian yang dilakukan. Pengumpulan data
dalam penelitian ini dilakukan melalui angket.
Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa: (1)
pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah dalam kategori
yang sangat baik karena sudah sesuai dengan sintaks model
TTW, (2) aktivitas peserta didik juga sudah sangat baik karena
peserta didik dalam pembelajaran memiliki antusias yang
sangat tinggi, (3) untuk model pembelajaran TTW dengan
pendekatan scientific literacy efektif terhadap keterampilan
presentasi. Hal ini ditinjau dari keterampilan presentasi peserta
didik di kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi
daripada di kelas kontrol. Hal ini terbukti berdasarkan uji T
bahwa nilai mean model TTW sebesar 52,47, sedangkan model
ceramah memiliki nilai mean sebesar 36,23.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Edi Irawan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unnamed user with username fransiska
Date Deposited: 16 Dec 2024 05:11
Last Modified: 16 Dec 2024 05:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31832

Actions (login required)

View Item View Item